Chevron gandeng Dompet Dhuafa bangun Pustu Plus di Lombok

Chevron gandeng Dompet Dhuafa bangun Pustu Plus di Lombok

Kegiatan groundbreaking pembangunan Puskesmas pembantu (Pustu) Plus Desa Medana, Kecamatan Tanjung, di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, pada Senin (30/9/2019) yang dibangun PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menggandeng Yayasan Dompet Dhuafa. (Foto/Dok. Yayasan Dompet Dhuafa)

Kupang (ANTARA) - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) menggandeng Yayasan Dompet Dhuafa membangun Puskesmas Pembantu (Pustu) Plus di Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, untuk memperbaiki layanan kesehatan pasca gempa bumi yang melanda daerah itu.

Ketua Yayasan Dompet Dhuafa Nasyith Majidi mengatakan, pembangunan fasilitas kesehatan Pustu Plus berlokasi Desa Medana, Kecamatan Tanjung, ini merupakan sinergi bersama untuk pemulihan layanan kesehatan bagi warga setempat yang terdampak bencana gempa bumi.

"Dompet Dhuafa kembali dipercaya oleh pihak Chevron dan para karyawannya dalam menyalurkan bantuan untuk pembangunan Pustu Plus ini," kata Nasyith Majidi dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Kupang, Rabu.

Dia mengatakan, peletakan batu pertama (groundbreaking) Pustu Plus sudah digelar pada Senin, (30/9). yang dilakukan bersama Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar, Vice President Corporate Affairs Chevron Wahyu Budiarto.

Baca juga: Chevron-Dompet Dhuafa membangun puskesmas di Lombok Utara

Baca juga: Dompet Dhuafa inisiasi "WakeUp! Wakaf" untuk optimalisasi wakaf


Fasiltas kesehatan yang akan dibangun merupakan Pustu Plus pertama di Provinsi NTB yang menyediakan layanan dokter, perawat, dan bidan di satu lokasi.

Dijelaskannya, bangunan Pustu dirancang dengan struktur yang ramah gempa, mudah diakses bagi penyandang disabilitas dan warga lanjut usia, serta memperhatikan prosedur standar keselamatan.

Nasyith mengatakan, pihaknya terus berupaya menjaga komitmen untuk hadir memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat yang menjadi korban gempa Lombok.

"Karena itu kami mohon dukungan doa agar proses pembangunan ini bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan target sehingga masyarakat bisa menikmatinya," katanya.

Sementara itu, Vice President Corporate Affairs Chevron Wahyu Budiarto mengatakan, bantuan pembangunan Pustu Plus ini sebagai wujud empati dan kepedulian karyawan Chevron terhadap korban gempa Lombok.

"Fasilitas kesehatan yang memadai pasca gempa tentu sangat dibutuhkan masyarakat terutama ibu dan anak-anak," katanya.

Dia menambahkan, program bantuan bidang kesehatan ini selaras dengan fokus program-program investasi sosial dari perusahaan yang bergerak di sektor minyak dan gas itu.*

Baca juga: Dompet Dhuafa Singgalang kenalkan Batu Busuk sebagai desa wisata

Baca juga: "Safe School" hadir di wilayah terdampak kabut asap karhutla
Pewarta : Aloysius Lewokeda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019