Jakarta (ANTARA) - Lalu lintas di sebagian Jalan Pramuka, Kelurahan Utan Kayu Utara, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, mengalami tersendat saat berlangsung aktivitas penertiban pelanggar aturan ganjil-genap, Senin pagi.

Kendaraan jenis roda empat, roda tiga dan roda dua tampak mengalami kepadatan di kedua arah menjelang Pasar Pramuka.

Di lokasi tersebut petugas gabungan dari Unit Lalu Lintas Polsek Metro Matraman bersama jajaran Dinas Perhubungan menghentikan sejumlah pengendara mobil pribadi berplat nomor genap karena melintas di tanggal ganjil.

Penyetopan kendaraan di sekitar Pasar Pramuka yang dekat dengan rel perlintasan kereta api sejak pukul 06.00 hingga 10.00 WIB menjadi simpul kemacetan lalu lintas sekitar dua kilometer di kedua sisi arah.

Baca juga: Pelanggar aturan ganjil-genap di Gunung Sahari coba suap Polisi
Baca juga: Pelanggar ganjil genap cekcok mulut dengan petugas di Pramuka
Baca juga: Perluasan ganjil genap, pelanggar di Jalan Pramuka andalkan Google


Sejumlah pelanggar dihentikan oleh petugas di bahu jalan untuk diberikan sanksi tilang atau teguran sehingga mengakibatkan penyempitan jalur.

Usai aktivitas penertiban berakhir, lalu lintas di sekitar Pasar Pramuka mulai berlangsung lancar.

Namun Petugas Dinas Perhubungan Jakarta, Budi Wibowo menepis penertiban ganjil-genap oleh aparat menjadi pemicu kepadatan lalu lintas di sekitarnya.


"Memang pada jam ini adalah situasi sibuk pengendara yang berangkat kerja sehingga lalin cenderung padat," katanya.

Budi menyebutkan penyebab utama simpul kemacetan dikarenakan jam lintasan kereta yang relatif padat di jam sibuk pekerja.

"Di situ kan dekat juga dengan palang pintu perlintasan kereta api. Setiap pagi memang lalu lintas kereta lebih sering lewat," katanya.
Baca juga: Puluhan pelanggar perluasan aturan ganjil genap ditilang di Tomang
Baca juga: Hari pertama ganjil genap di Gunung Sahari ramai lancar

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019