Kebakaran puncak Gunung Ciremai sudah padam

Kebakaran puncak Gunung Ciremai sudah padam

Petugas dari BPBD Kabupaten Kuningan saat memadamkan titik api yang membakar kawasan puncak Gunung Ciremai. (ANTARA/HO Humas BPBD Kabupaten Kuningan)

Kuningan (ANTARA) - Kebakaran yang kembali melanda kawasan hutan puncak Gunung Ciremai berada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sudah dapat dipadamkan pada Jumat (6/9) siang.

"Alhamdulillah kebakaran puncak Gunung Ciremai sudah bisa dikendalikan," kata Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan Agus Yudantara di Kuningan, Jumat.

Menurut Agus, kebakaran itu terpantau pada hari Kamis (5/9) sekitar jam 16.30. Di mana kepulan asap terlihat di sekitar kawasan Blok Sanghiyang Ropoh wilayah Kabupaten Majalengka, kawasan puncak Hutan Taman Nasional Gunung Ciremai.

Baca juga: BNPB kerahkan water bombing padamkan kebakaran Ciremai

Baca juga: Ada kepulan asap di lereng Ceremai, diduga kebakaran


Menurutnya setelah mendapat informasi adanya kepulan asap, kemudian pada Jumat (6/9) dinihari, pihaknya menerjunkan tim untuk memadamkan api agar tidak semakin meluas.

"Api sudah padam pada pukul 12.05 WIB, kepulan asap yang masih ada berasal dari bara pohon kering diameter 150 sentimeter yang sudah terbakar di dalam lokasi," tuturnya.

Kebakaran kali ini belum bisa diperkirakan berapa luas areal yang terbakar dan apa saja yang hangus dilalap api.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin mengatakan pihaknya juga melakukan pemantauan dan menerjunkan tim Damkarhut.

"Pemadaman dilakukan secara manual dengan membuat sekat bakar atau mengisolir titik api," katanya.*

Baca juga: Semua korban pesawat Cessna 172 ditemukan

Baca juga: Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Sementara
Pewarta : Khaerul Izan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019