Desa Lubuk Bangkar menjadi lokasi program komprehensif dari seluruh program penyaluran zakat Baznas
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Organisasi PBB untuk Pembangunan Dunia (UNDP) membangun Desa Agrowisata di Lubuk Bangkar, Kecamatan Batang Asai, Sarolangun, Jambi yang diresmikan Senin.

Dalam siaran pers terkait program tersebut, Baznas juga menggandeng Bank Jambi dan pemerintah Provinsi Jambi.

"Di lokasi ini, Baznas melakukan pemberdayaan peternakan kambing dan domba, pengembangan kerajinan tangan tradisional dari daun pandan, pengembangan agrowisata Bukit Tempurung dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)," kata Anggota Baznas Nana Mintarti.

Hadir juga dalam peresmian di antaranya Direktur Pendistribusian dan Pendayagunaan Zakat Baznas Irfan Syauqi Beik, Wakil UNDP Representatif Indonesia Sophie Kemkhadze dan Wakil Bupati Sarolangun Hillalatil Badri.

Desa Lubuk Bangkar  terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kawasan agrowisata tersebut menawarkan pemandangan indah perkebunan kopi dan ladang sayuran yang menghiasi perbukitan hijau. Dipadu dengan potensi yang dimiliki desa tersebut berbagai kegiatan baru tersebut disiapkan untuk lebih menarik pengunjung.

Baca juga: MUI dan Baznas Tanjabtim akan bangun Alquran center


Nana mengatakan pengembangan Agrowisata Desa Lubuk Bangkar menitikberatkan pada program andalan berupa pemberdayaan petani kopi melalui budidaya dan pengembangan produk olahan pascapanen.

Masyarakat juga menerima pendampingan dan pengembangan budidaya perkebunan karet dan penanganan produksi.

Desa Lubuk Bangkar, kata dia, menjadi lokasi program komprehensif dari seluruh program penyaluran zakat yang dilaksanakan Baznas, meliputi ekonomi, pendidikan, kesehatan, kemanusiaan dan sosial serta dakwah.

Dia mengatakan dana zakat, infak dan sedekah yang ditunaikan para muzaki Baznas sebelumnya telah diwujudkan dalam pembangunan satu unit Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berkapasitas 60 KW yang dinikmati manfaatnya oleh dua ribu warga.

Dengan tersedianya listrik di desa Lubuk Bangkar, kata dia, Baznas kemudian mendorong produktivitas masyarakat dengan mengembangkan program di bidang pertanian, perikanan, UMKM dan pengolahan kopi.

"Terima kasih untuk dukungan dari Bank Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi dan UNDP sehingga program pengembangan potensi Desa Lubuk Bangkar ini dapat terus berkelanjutan. Peran serta masyarakat Lubuk Bangkar juga menjadi kunci pelaksanaan program yang ideal," katanya.


 Baca juga: ANTARA raih Baznas Award 2019
 

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Dewanti Lestari
Copyright © ANTARA 2019