Koarmada III TNI AL gelar upacara HUT Kemerdekaan

Koarmada III TNI AL gelar upacara HUT Kemerdekaan

Suasana upacara HUT RI di Mako Koarmada III TNI AL di Sorong (Foto Istimewa)

Sorong (ANTARA) - Komando Armada (Koarmada) III TNI Angkatan Laut menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 74 tahun 2019.

Upacara yang berlangsung di Mako Koarmada Kota Sorong, Provinsi Papua Barat, Sabtu, diikuti ratusan prajurit baik bintara maupun perwira dengan Inspektur Upacara Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto.

Upacara di Koarmada III tersebut diawali pengibaran Bendera Merah Putih yang dipimpin inspektur upacara, kemudian mengheningkan cipta, pembacaan pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan pembacaan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji oleh Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto.

Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Dadi Hartanto mengatakan bahwa pemerintah memberikan tema peringatan HUT Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia yaitu Sumbun Daya Manusia Unggul, Indonesia Maju.

Tema ini menjadi fondasi dasar dan pemacu semangat Indonesia ke depan, khususnya bagi kita semua selaku prajurit pejuang Matra Laut yang adalah komponen utama pertahanan dan keamanan negara di laut sebagaimana digariskan dalam Undang-Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurutnya, kekuatan pertahanan sebuah negara terukur dalam komponen konseptual, fisik, dan moral dengan faktor sumber daya manusia sebagai tulang punggungnya.

Dengan demikian, kata dia, keunggulan Sumber Daya Manusia TNI Angkatan Laut merupakan tuntutan yang sudah tidak dapat ditawa-tawar lagi.

“Kita semua berkeinginan agar TNI AL diawaki oleh prajurit yang terlatih, terdidik, dan dilengkapi secara baik dan dijamin kesejahteraannya sesuai dengan jati diri prajurit TNI sebagai tentara profesional,” ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa pembangunan fisik kekuatan TNI AL seperti kapal perang, pesawat udara, pangkalan, dan Marinir hanya membutuhkan beberapa tahun saja, tetapi untuk membangun SDM yang unggul dibutuhkan waktu yang lebih panjang.

Karena itu, SDM TNI AL akan terus ditingkatkan ke depan, sehingga dapat mampu menciptakan prajurit profesional yang kompeten dan bermoral.

Selain itu, TNI AL harus mampu membangun karakter prajurit yang memiliki jiwa pancasilais dan semangat juang yang tinggi, sehingga mampu menghadapi tantangan global dan mampu membendung arus perubahan yang dapat menggerus nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

Ia mengajak seluruh prajurit TNI AL untuk bersama-sama memacu diri dan berani berkompetisi agar mampu sejajar dan bersaing dengan kekuatan Angkatan Laut kawasan.

Baca juga: PDIP selenggarakan upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Jakarta

Baca juga: Round up - Pesan-pesan di Hari Kemerdekaan

Baca juga: Anies harap HUT Ke-74 RI jadi pendorong peningkatan SDM di Jakarta

 
Pewarta : Ernes Broning Kakisina
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2019