Kemnaker gelar Pesta Rakyat Tripartit meriahkan HUT RI

Kemnaker gelar Pesta Rakyat Tripartit meriahkan HUT RI

Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri (Dok Kementerian Ketenagakerjaan)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan menggelar acara Pesta Rakyat Tripartit dengan melibatkan unsur tripartit baik dari pemerintah, asosiasi pengusaha, maupun serikat pekerja dalam merayakan HUT RI ke-74.

 

“Semoga di usia RI ke -74 tahun ini, dialog sosial serta sinergi di antara unsur-unsur dalam hubungan industrial bisa terus diperkuat. Acara-acara informal yang penuh keakraban ini bisa membawa kita semua kepada apa yang disebut sebagai solusi masalah ketenagakerjaan,” kata Menteri Ketenagakerjaan M Hanif Dhakiri dalam siaran pers di Jakarta,  Kamis.

 

Dalam acara tersebut serikat pekerja dan anggota asosiasi pengusaha Indonesia menggunakan kostum tersendiri yakni merah dan putih yang seolah menunjukkan warna bendera Indonesia.

"Pekerjanya kebanyakan memakai baju merah, pengusahanya memakai baju putih. Kalau pemerintah pasti merah dan putih, seperti baju yang saya pakai ini. Sekali lagi terima kasih atas kehadirannya, tetap semangat jangan pernah lelah mencintai Indonesia " kata Hanif.

Antusiasme dan semangat begitu terlihat saat Menteri Hanif melakukan senam pagi bersama dengan seluruh pegawai Kemnaker, perwakilan serikat pekerja/serikat buruh, serta perwakilan asosiasi pengusaha Apindo.

Setelah itu, acara yang dipandu oleh MC kondang Cak Lontong ini pun dilanjutkan dengan acara-acara perlombaan seperti lomba makan kerupuk, balap karung, lomba kelereng dengan sendok, goyang balon, ganti kaos berantai dan memasukkan pensil ke dalam botol.

“Lomba-lomba ini mengingatkan masa kecil dulu saat Agustusan. Mudah-mudahan kebersamaan seluruh elemen semakin baik dengan kegiatan ini," kata Hanif.

 

Tak hanya itu, perayaan “Pesta Rakyat Tripartit” juga dimeriahkan dengan sajian berbagai macam makanan tradisional seperti nasi uduk, soto betawi, bakso malang, sate ayam, soto gading, dan lainnya.

 

Ketua Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial Apindo Harijanto turut memberikan apresiasinya atas terselenggaranya acara ini. Harijanto berpendapat bahwa dengan terselenggaranya acara ini,  semua bisa saling bersilaturahmi baik antar Pemerintah, Pengusaha, maupun Serikat Pekerja (Tripartit).

 

“Saya berharap ke depannya hubungan industrial di Indonesia ini makin hari makin baik, guna menciptakan iklim ketenagakerjaan yang kondusif tentunya bagi Investasi di Indonesia,” ujar Harijanto.

 

Sementara itu, Sekjen DPP Konfederasi Serikat Pekerja Nasional (KSPN), Indrayana juga mengapresiasi terselenggaranya acara ini.

Ia berpendapat bahwa baru kali ini Serikat Pekerja diundang dan dilibatkan langsung dalam perlombaan bersama-sama dengan unsur Tripartit lainnya yang hadir.

 

“Kami dari Serikat Pekerja, mengajak pemerintah agar terus meningkatkan dialog sosial antarunsur Tripartit Nasional, agar keinginan dari setiap unsur tersebut, bisa sama-sama kita sepakati bersama, guna kepentingan seluruh masyarakat Indonesia,” kata Indra.

Baca juga: Menaker ingin serikat pekerja turut serta investasi SDM
Baca juga: KSBSI: Pembahasan Revisi UU Ketenagakerjaan harus libatkan buruh
 

 

Pewarta : Aubrey Kandelila Fanani
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019