Senin, 23 Oktober 2017

Donor Darah Korem 091/ASN Kumpulkan 103 Kantong

id korem 091/asn, donor darah, kasrem Kolonel Inf Frenky E. Riupassa, kantong darah,
Donor Darah Korem 091/ASN Kumpulkan 103 Kantong
Kegiatan donor darah yang digelar Korem 091/Aji Surya Natakesuma berhasil mengumpulkan 103 kantong darah yang diserahkan kepada Palang Merah Indonesia Samarinda. (ANTARA Kaltim/M.Ghofar)
Samarinda (ANTARA kaltim) -  Kegiatan donor darah yang digelar Korem 091/Aji Surya Natakesuma Samarinda, Kalimantan Timur, Selasa, mengumpulkan sebanyak 103 kantong darah yang langsung diserahkan kepada Palang Merah Indonesia setempat.

"Dalam donor darah ini diikuti 152 orang, namun tidak semua peminat bisa mendonorkan darahnya sehingga darah yang berhasil terkumpul sebanyak 103 kantong," ujar Kepala Staf Korem 091/ASN Kolonel Inf Frenky E. Riupassa setelah menghadiri donor darah yang dilaksanakan di Big Mall, Jalan Untung Suropati, Karang Asam, Samarinda.

Dari 152 orang yang mendaftar, tercatat 103 orang donor yang dianggap memenuhi syarat oleh petugas, karena pendonor wajib mengisi kuesioner riwayat kesehatan, melakukan tensi, dan cek darah terlebih dulu guna mendapatkan darah yang sehat.

Donor darah ini diikuti oleh prajurit, Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI-AD, ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana, masyarakat umum, dan sejumlah wartawan.

Dalam sambutan tertulisnya, Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Irham Waroihan mengatakan, donor darah ini bukan semata menyambut perayaan HUT TNI, namun diselenggarakan guna mempertebal rasa perikemanusiaan dan tanggung jawab sesama manusia.

"Saya katakan demikian karena setetes darah yang disumbangkan kepada orang yang membutuhkan sangat berarti untuk pertolongan jiwa manusia, bahkan darah yang didonorkan dengan tulus ikhlas tanpa membedakan keyakinan, warna kulit, tingkat pendidikan, tingkat sosial, agama, dan perbedaan lain, nilainya sungguh tak terhingga," tuturnya.

Menurutnya, tujuan donor darah hanya satu, yakni menyelamatkan jiwa orang lain, sehingga hal ini merupakan manifestasi yang paling nyata dari rasa kemanusiaan paling murni.

Melalui donor darah ini diharapkan ada semangat dan kesadaran dalam diri masing-masing mengenai pentingnya persaudaraan dan saling tolong-menolong sesama manusia, sehingga dari kegiatan ini diharapkan menjadi semakin peka dan semakin peduli akan penderitaan sesama yang membutuhkan.

Hadir pada kegiatan tersebut antara lain para Kasi Korem 091/ASN, para Dankabalak, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Koordinator Cabang Korem 091 PD VI/Mulawarman Ny. Irham Waroihan beserta pengurus, Manager HRD Big Mall Samarinda M Arbain.

Sedangkan yang bertugas dalam pengambilan darah adalah dari Detasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) dan PMI Samarinda. setelah donor selesai, sebanyak 103 kantong darah langsung diserahkan ke PMI guna diteruskan untuk membantu masyarakat. (*)

Editor: Rahmad

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0089 seconds memory usage: 0.47 MB