Senin, 23 Oktober 2017

Kodim Tanah Grogot Gelar Nobar Film G30S/PKI

id kodim paser, dandim paser, letkol ardian, film G30S/PKI, film PKI
Kodim Tanah Grogot Gelar Nobar Film G30S/PKI
Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot Letkol (Arh) Ardian. (ANTARA Kaltim/R Wartono)
Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Komandan Komando Distrik Militer 0904 Tanah Grogot Letkol (Arh) Ardian menginstruksikan seluruh satuan Komando Rayon Militer di wilayahnya untuk menggelar kegiatan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI pada 30 September 2017.

"Saya sudah instruksikan kepada seluruh Danramil untuk menggelar nobar di wilayah masing-masing," kata Ardian di Tanah Grogot , Selasa.

Ada delapan Koramil di wilayah teritorial Kodim 0904 Tanah Grogot. Sementara untuk Kodim 0904, kegiatan nobar akan digelar di arena MTQ Tanah Grogot.

Menurut dia, nobar ini untuk mengingatkan masyarakat bahwa ideologi Pancasila pernah diuji eksistensinya oleh komunis di masa lalu. Meskipun komunis sudah ditumpas beberapa puluh tahun lalu, namun paham komunis masih ada di sekitar kita.

"Komunis belum mati, tapi mereka menunggu waktu yang tepat untuk bangkit. Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada akan kebangkitan PKI," ujar Ardian.

Nobar film Pengkhianatan G30S/PKI itu, lanjut Ardian, digelar untuk membentengi diri, khususnya generasi muda dari pengaruh-pengaruh ideologi lain, khususnya komunis.

"Saya khawatir generasi muda sekarang bukan karena lupa tentang peristiwa G30S/PKI, tapi jangan-jangan mereka tidak tahu akan peristiwa itu," katanya.

Untuk itu, kata Dandim, generasi muda perlu memahami peristiwa tersebut, karena merupakan penggalan sejarah kelam yang tidak boleh terlupakan.

"Ingat pesan Proklamator kita Ir Soekarno yakni 'Jas Merah', jangan sekali-kali  melupakan sejarah. Generasi muda perlu diingatkan sejarah masa lalu," ujar Ardian.

"Nanti ada doorprize dan kuis di sela-sela film digelar. Acara ini terbuka untuk masyarakat umum," ujar Ardian. (*)

Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.0106 seconds memory usage: 0.47 MB