Minggu, 22 Oktober 2017

2.775 Hektare Sawit di Paser akan Diremajakan

id sawit, kelapa sawit, peremajaan sawit, dinas pertanian, sawit paser, bahriansyah
2.775 Hektare Sawit di Paser akan Diremajakan
Ilustrasi -- Lahan perkebunan kelapa sawit. (ANTARA News)
Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Sekitar 2.755 hektare lahan kelapa sawit di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, siap diremajakan  (replanting) oleh pemerintah.

Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Paser Bahriansyah , Selasa, mengatakan, jumlah lahan sawit yang ada di daerah setempat sekitar 20 ribu hektare, namun hanya 2.775 hektare yang siap diremajakan.

"Dari 20 ribu hektare lebih, ada 2.755 hektare lahan kelapa sawit yang siap untuk diremajakan," kata Bahriansyah, Senin, di Tanah Grogot.

Kesiapan yang dimaksud, yakni kesiapan petani terkait persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah.

"Persyaratan itu di antaranya seperti pengajuan permohonan, memiliki surat legalitas lahan, dan tergabung dalam sebuah koperasi" kata Bahriansyah.

Dari 10 Kabupaten dan Kota di Provinsi Kalimantan Timur, pada tahun 2017 ini hanya Kabupaten Paser yang mendapatkan program replanting atau peremajaan kelapa sawit.

"Tahun ini, di Kaltim hanya Paser yang mendapat program replanting kelapa sawit," katanya.

Kabupaten Paser kata Bahriansyah adalah satu dari 19 Kabupaten/ Kota di Indonesia yang mendapatkan program replanting dari pemerintah itu.

"Ada 19 kabupaten dan kota di Indonesia yang mendapat program replanting tahun 2017 ini," kata Bahriansyah.

Menurut Bahriansyah, umur tanam kelapa sawit di Kabupaten Paser sudah cukup tua sehingga memerlukan peremajaan atau penanamam ulang.

Dinas Pertanian Kabupaten Paser lanjut ia, telah memetakan 20 ribu hektare lahan yang masuk kategori pohon dengan umur tanam tua. (*)

Editor: Didik Kusbiantoro

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga

Generated in 0.01 seconds memory usage: 0.46 MB