Sangatta (ANTARA Kaltim) - Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kutai Timur bekerja sama dengan PT Kaltim Prima Coal menggelar Lomba Kampung Bersemi 2012, se-Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, dengan total hadiah sebesar Rp180 juta.

Wakil Bupati Kutai Timur, H Ardiansyah Sulaiman, Selasa (23/10) mengatakan, atas nama Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada PT Kaltim Prima Coal, atas peran dan partisiasinya dalam program Lomba Kampung Bersemi (LKB) untuk menggerakkan masyarakat.

"Lomba Kampung Bersemi yang diikuti 27 peserta Rukun Tetangga se-Kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan adalah untuk menciptakan kesehatan dan menggerakkan masyarakat dalam menciptakan kesehatan dan kebersihan lingkungan secara serentak di lingkungannya masing-masing, terutama warga Kota Sangatta," katanya saat dikonfirmasi usai menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba.

Menurut Wabup Ardiansyah Sulaiman, yang hadir didampingi istrinya Hj Siti Robiah, program LKB, dengan makna Bersemi yakni Bersih, Sehat dan Mandiri, bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dalam menjaga dan membersihkan lingkungan tempat tinggalnya.

Dalam sambutan singkatnya, Wabup juga mengatakan, bagi pemenang lomba yang masuk sepuluh besar akan mendapat prioritas pembangunan infrastruktur tahun 2013 mendatang, seperti peningkatan gang dan semenisasi.

Wabup menambahkan, saya berharap para pemenang lomba yang masuk sepuluh besar agar membina lingkungan dan menjaga kesehatan dengan kemandirian masing-masing.

"Bagi pemenang sepuluh besar akan mendapat prioritas dalam program pembangunan infrastruktur tahun 2013, seperti kegiatan pembangunan seminisasi dan peningkatan infrastruktur jalan dan gang," kata Wabup sambil menunjuk Kepala Dinas Pekerjaan Umum Rory Taufani.

Kepada masing-masing Ketua RT, segera mengajukan permohonan untuk kegiatan tahun 2013, paling lambat minggu pekan depan, sebab sebentar lagi pembahasan APBD II Kutai Timur Tahun Anggaran 2013 akan dimulai.


Kepedulian KPC

Acting Manager Community Empowerment PT Kaltim Prima Coal, Nurul, mengatakan, sejak program Lomba Kampung Bersemi digagas dan dimulai tahun 2007 KPC selalu aktif terlibat, sebagai kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

"Lomba Kampung Bersemi ini juga merupakan agenda tahunan KPC dan kali ini merupakan tahun keempat dan akan terus mendukung program ini , sebagai bagian dari program Corporate Sosial Responsibility (CSR) KPC dalam bidang pemberdayaan masyarakat dan lingkungan," kata Nurul mewakili manajemen KPC didampingi Yordhen Ampung, Superintendent Public Coomunications.

"Untuk kegiatan ini KPC mengeluarkan dana yang cukup besar hingga mencapai ratusan juta rupiah, termasuk untuk hadiah-hadiah pada babak sebelumnya sebesar sekitar Rp180 juta," kata Tordhen Ampung yang ikut menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba.

Penyerahan hadiah bagi pemenang oleh wakil bupati Ardiansyah Sulaiman kepada pemenang pertama, yakni RT 37 Campur Sari, sebesar Rp30 juta dan pemenang kedua oleh RT 09 Makmur Jaya dengan hadiah sebesar Rp25 juta dan pemenang ketiga RT 09 Antasari Jalan Pangeran Diponegoro Sangatta Utara dengan hadiah uang sebesar Rp20 juta.

Sedangkan pemenang keempat kelima dan keenam masing-masing menerima hadiah uang Rp5 juta danRp4 juta dan pemenang hadiah ketujuh hingga kesepuluh berhak atas hadiah uang masing-masing sebesar Rp4 juta hingga Rp2 juta, serta piagam bagi seluruh pemenang sepuluh besar.

Selain itu pemenang lomba masih mendapatkan hadiah menarik dari Badan Lingkungan Hidup berupa mesin pemotong rumput dan hadiah 1 buah televisi berwarna 21 inchi dari PT Thiess Indonesia Sangatta dan 1 unit sepeda gunung.

Pengumuman dan penyerahan pemenang lomba dilakukan di lapangan RT 37 Campur Sari Desa Teluk Lingga, dimeriahkan kesenian ibu-ibu setempat dihadiri wakil bupati dan anggota DPRD dan pejabat SKPD serta masyarakat sekitar.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012