Samarinda (ANTARA Kaltim) - Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) akan mengirimkan 100 ribu dolar AS atau sekitar Rp1 Miliar pada program perdana "Kurban untuk Palestina", sekaligus melepas tim relawan yang berjumlah 21 orang.

Siaran pers KNRP yang iterima ANTARA, Senin, menyebutkan bahwa Wakil Sekretaris Jenderal KNRP Caca Cahayaningrat telah melepas relawan "Kurban untuk Palestina" dari Indonesia, di Kantor KNRP, Jakarta, Sabtu (20/10).

Caca menuturkan, dana tersebut dikumpulkan dari para donatur tetap dan prosesnya dari awal Januari 2012. Sebanyak 60 ribu dolar AS yang terkumpul dalam bentuk hewan kurban atau sekitar 200 ekor hewan kurban, dan 40 ribu dolar AS sisanya akan diserahkan langsung untuk rakyat Palestina.

Selanjutnya, kehadiran tim relawan ini juga sebagai lambang cinta kasih masyarakat Indonesia kepada saudara-saudaranya di Palestina.

Ia mengatakan, sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia juga berawal dari adanya usulan mufti Palestina saat itu, dalam menggalang negara-negara Islam di Timur Tengah, untuk mengakui kemerdekaan bangsa Indonesia.

Karenanya, lanjut dia, sudah menjadi tuntutan konstitusi bangsa Indonesia melalui Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, bahwa penjajahan diatas dunia harus dihapuskan.

Kehadiran KNRP di Palestina, katanya, juga dalam misi menegakkan konstitusi bangsa Indonesia yang mencintai terciptanya kedamaian di atas bumi.

Sementara itu, Ketua Humas dan Media KNRP Afwan Riyadi mengatakan, rombongan yang juga terdiri dari Tim Nasyid Izzatul Islam ini, juga akan mengadakan konser kemanusiaan selang 1 hari setelah tiba di Mesir, sebelum pada tanggal 24 Oktobernya akan memasuki Gaza Palestina melalui Rafah.

"Antusiasme masyarakat Indonesia di Mesir juga sangat besar, akan kehadiran tim relawan KNRP dan tim Nasyid Izzatul Islam yang akan tiba Ahad (21/10) siang. Insyaa Allah, mohon do`a dari rakyat Indonesia," katanya. (*)

Pewarta: Arief

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012