Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimatan Timur menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) 2021 tingkat daerah setempat secara tertutup dan terbatas karena situasi masih pandemi COVID-19.

"Kami adakan penyederhanaan pelaksanaan MTQ untuk mencegah penyebaran atau penularan COVID-19," kata Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara Anang Widianto di Penajam, Kamis.

Ia mengatakan MTQ tingkat kabupaten itu juga untuk seleksi kafilah yang akan menjadi wakil daerah setempat pada MTQ tingkat provinsi.

Penunjukan peserta yang mengikuti MTQ tingkat provinsi, lanjut ia, ditargetkan rampung akhir Februari 2021.

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menargetkan mengirim 40 kafilah untuk mengikuti delapan cabang lomba pada MTQ tingkat provinsi.

Cabang lomba yang akan diikuti kafilah Kabupaten Penajam Paser Utara pada MTQ tingkat provinsi tersebut, di antaranya kaligrafi, tilawah, dan tafsir Al Quran.

"Target akhir bulan ini sudah ketemu peserta yang akan kita daftarkan ke ajang MTQ tingkat provinsi," kata Anang Widianto.

Saat ini, kata dia, masih dibicarakan teknis seleksi para kafilah bersama para dewan hakim agar selektif dan optimal.

Berdasarkan hasil rapat Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran atau LPTQ tingkat provinsi, MTQ Provinsi Kalimantan Timur bakal digelar April 2021 di Kota Bontang.

"Rapat kerja LPTQ provinsi pada 27-28 Januari 2021, memutuskan tetap mengadakan MTQ tingkat provinsi," kata Anang Widianto.(ADV)

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2021