Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, menggelar operasi pasar untuk mengantisipasi kelangkaan komoditi kebutuhan bahan pokok khusus jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2021.

"Kami adakan kegiatan operasi pasar khusus perayaan Natal dan pergantian tahun," jelas Kepala Seksi Pengawasan Usaha Perdagangan dan Perlindungan Konsumen (PUPPK) Diskukmperindag Kabupaten Penajam Paser Utara, Nuryulianita ketika ditemui di Penajam baru-baru ini.

Operasi pasar yang bekerja sama dengan Badan Urusan Logistik atau Bulog itu difokuskan di empat kelurahan di wilayah Kecamatan Penajam dan Sepaku sebagai antisipasi kelangkaan bahan kebutuhan pokok.

Kegiatan operasi pasar tersebut di antaranya dilaksanakan di Kelurahan Lawe-Lawe, Gunung Seteleng, Sotek dan Kelurahan Maridan.

Pelaksanaan operasi pasar menurut Nuryulianita, pada 21 dan 22 Desember 2020 secara serentak di dua wilayah kelurahan dalam satu hari.

Komoditi bahan kebutuhan pokok yang dijual pada operasi pasar tersebut berupa beras, minyak goreng, daging beku dan gula.

Selain bahan kebutuhan pokok operasi pasar juga menyediakan elpiji bersubsidi tabung ukuran tiga kilogram atau yang dikenal dengan tabung gas melon.

"Pertamina memberikan jatah atau kuota sebanyak 560 tabung gas melon untuk operasi pasar di masing-masing kelurahan," ujar Nuryulianita.

Ia menjelaskan, operasi pasar ini dilaksanakan lebih spesifik karena anggaran pendampingan di Diskukmperindag sudah tidak ada lagi sehingga kegiatan itu hanya bisa menggelar di Kecamatan Penajam di tiga kelurahan dan satu kelurahan di Kecamatan Sepaku.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020