Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Perusahaan tambang batu bara, PT Berau Coal, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Berau memberikan beasiswa untuk 22 siswa terbaik yang lolos seleksi penyaringan program beasiswa tersebut.

"Pembangunan suatu daerah tidak bisa dilepaskan dari SDM yang berkualitas di daerah tersebut," kata Superintendent Comdev Support PT Berau Coal Akhid Yusron Riyadi, Selasa.

Untuk tahun ini penerima beasiswa penuh terbagi dalam tiga jalur seleksi, yakni lulusan dengan jalur atau dikenal dengan penelusuran minat dan kemampuan (PMDK).

Kemudian ada pelajar Berau lolos seleksi nasional masuk perguruan tinggi (SNMPTN) langsung di sejumlah perguruan tinggi.

"Terakhir seleksi langsung dilakukan manajemen PT Berau Coal bekerjasama Politeknik Jember pertengahan Juli lalu," sebut Akhid.

Sementara itu senior Manager PT Berau Coal , Teddy Abay mengatakan program beasiswa  ini merupakan bagian dari 4 program pilar community development, dimana program inidilaksanakan untuk pengembangan masyarakat Berau dari sisi pendidikan ,kebudayaan, kesehatan dan perekonomian.

"Tahun ini PT Berau Coal menganggarkan sekitar Rp 28,8 milliar untuk mendukung kegiatan programp rogram comdev," jelas Teddy.

Rinciannya dari 22 siswa tersebut 8 pelajar mengikuti perkuliahan di Institut Pertanian Bogor, 14 siswa di Politeknik Jember.

Tujuan pemberian beasiswa penuh ini agar siswa tidak perlu memikirkan berapa besar biaya hidup maupun biaya pendidikan , supaya dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

"Harapan kami seluruh pelajar yang menerima beasiswa ini tidak menyia-nyiakan kesempatan yang telah didapat dan mereshkan prestasi menjadi  SDM berkualitas," kata Teddy Abay.

Sementara itu Bupati Berau Drs H Makmur HAPK MM , mengapresiasi langkah Berau Coal memberikan beasiswa kepada masyarakat Berau, menurut dia langkah ini dapat dilakukan oleh perusahaan lain yang beroperasi di Berau.

"Kita memberikan izin dan fasilitas tak hanya untuk mengeruk keuntungan semata, tapi harus ada pertanggung jawaban sosialnya," kata Makmur.

Makmur menekankan sudah menjadi kewajiban perusahaan yang ada turut mensejahterakan masyarakat di Berau , "Kesejahteraan sosial merupakan tanggung jawab semua fihak termasuk setiap perusahaan yang ada," katanya.  (*)


Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012