Samarinda (ANTARA News Kaltim)- Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim, Farid Wadjdy, dijadwalkan membuka pertandingan sepak bola untuk jenjang SMP hingga perguruan tinggi dengan nama Liga Pelajar Indonesia (LPI) Tingkat Provinsi Kaltim, di Balikpapan, pada 28 Agustus 2012.

"Kami sudah menghadap ke Bapak Gubernur dan meminta beliau yang membuka LPI, namun karena padatnya acara beliau, maka pembukaan LPI Tingkat Kaltim dilimpahkan ke Pak Wagub," kata Ketua Panitia Penyelenggara LPI Kaltim, Basmen Nainggolan, di Samarinda, Jumat.

Setelah pembukaan, lanjutnya, peserta mulai jenjang SMP, SMA dan yang sederajat hingga tingkat perguruan tinggi akan melakukan "technical meeting" pada malam harinya, yakni menentukan pelaksanaan pertandingan.

Dalam LPI 2012 ini, lanjutnya, LPI Kaltim akan diikuti sejumlah kabupaten dan kota yang ada di provinsi itu. Acara pembukaan akan dipusatkan di Lapangan Raider Batakan, Balikpapan, sedangkan pertandingannya digelar di sejumlah lapangan sepak bola di kota minyak itu.

Final LPI Kaltim juga tetap digelar di Balikpapan yang merupakan tuan rumah tingkat provinsi pada 3 September 2012. Semua juara pertama LPI setelah final tersebut akan menjadi wakil Kaltim untuk bertanding di Tingkat Nasional.

Pertandingan LPI Tingkat Nasional akan digelar di empat wilayah di Indonesia, namun hingga kini belum diketahui daerah mana saja yang akan menjadi tuan rumah, pasalnya rapat koordinasi mengenai penentuan tuan rumah, baru akan digelar pada kisaran akhir Agustus atau awal September.

Namun untuk final LPI Tingkat Nasional, waktu dan tempatnya sudah dipastikan, yakni akan digelar pada 28 Oktober 2012 di Jakarta. Final tersebut sengaja digelar pada tanggal itu karena akan dirangkai dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Menurutnya, LPI Tingkat Kaltim digelar untuk tiga kategori, yakni untuk tingkat SMP dan yang sederajat, tingkat SMA dan yang sederajat, dan untuk tingkat Perguruan Tinggi.

Sedangkan total uang pembinaan yang diberikan mencapai Rp180 juta. Rinciannya adalah, diberikan kepada para juara pertama dengan masing-masing tim kesebelasan senilai Rp25 juta.

Selanjutnya, para juara kedua, masing-masing tim menerima Rp20 juta, sedangkan para juara tiga masing-masing tim akan menerima Rp15 juta baik untuk tingkat SMP, SMA maupun tingkat Perguruan Tinggi.

Pewarta: M. Ghofar

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012