Bontang (ANTARA News Kaltim) - Karang Taruna Bontang Lestari memberdayakan sekitar 55 anggotanya untuk mengolah limbah plastik dengan bantuan peralatan pencacah limbah plastik di kawasan tempat pembuangan akhir, Kota Bontang, Kalimantan Timur.

"Saat ini sebanyak 55 anggota karang taruna di Bontang Lestari terlibat dalam pengolahan limbah plastik," kata Ketua Karang Taruna Bontang Lestari M Noor di Bontang, Minggu.

Ia mengatakan mereka terlibat proses mulai memilah limbah plastik di lokasi TPA dengan mengelompokkan sesuai jenis, membersihkan, dan mencacah.

Di lokasi TPA di Jalan Inspeksi Bontang Lestari, Kota Bontang, tampak puluhan anggota karang taruna, para ibu, remaja pria dan dewasa yang masing-masing sibuk dengan tugasnya.

"Alhamdulillah dengan dukungan PT Badak melalui program tanggung jawab sosial perusahaan, Karang Taruna mendapat bantuan mesin pencacah senilai Rp200 juta, sehingga kami bisa memberdayakan banyak anggota," kata M Noor.

Mereka yang terlibat saat ini mendapat penghasilan lumayan per harinya.

"Kami juga mendatangkan `trainer` dua orang dari Surabaya untuk alih teknologi dan pengetahuan pencacahan limbah plastik ini," katanya.

Ia mengatakan untuk pengiriman cacahan plastik perdana kalinya berhasil dibukukan omzet Rp80 juta.

Atas keberhasilannya dalam usaha ekonomi produktif itu, Karang Taruna Bontang Lestari akan mewakili Bontang untuk mengikuti lomba karang taruna berprestasi tingkat Provinsi Kaltim.

Selain usaha ekonomi produktif pengolahan limbah sampah plastik, Karang Taruna Bontang Lestari juga aktif dalam pengiriman pengurus karang taruna untuk diklat, kegiatan rekreatif band sebagai wadah penyaluran bakat remaja dan akan tampil saat acara-acara hajatan warga, usaha bengkel dan penyewaan tenda dan kursi.  (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012