Pemprov Kaltim mengagendakan gladi bersih Upacara Bendera Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI, di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (14/8) besok.


Sebelumnya diawali pelaksanaan pelatihan sesi latihan sebayak tiga kali ditambah gladi kotor yang dimulai sejak Rabu (12/8) kemarin.

“Sejak Rabu kemarin sudah mulai dilakukan pelatihan bagi Tim Paskibraka yang bertugas saat Upacara Peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI tingkat Kaltim. Besok gladi kotor dan gladi bersihnya,” kata Plt Kepala Dispora Kaltim, H Muhammad Syirajudin ketika dikonfirmasi, Kamis (13/8).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa untuk konsep pengibaran bendera hanya dilakukan oleh 3 orang yang diambil dari Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kalimantan Timur dengan jumlah 8 (delapan) orang terdiri dari 3 pengibar pagi, 3 petugas penurunan, serta 2 orang cadangan.

Jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang memiliki formasi pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45 dari TNI dan Polri.

Ini mempedomani surat Menteri Sekretaris Negara tertanggal 6 Juli 2020 perihal Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun RI ke-75 Peserta upacara terbatas dikuatkan surat Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora tanggal 13 Juli 2020 tentang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (paskibraka) HUT RI ke-75, maka komposisi petugas upacara tahun I sangat minimalis bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Berdasarkan surat tersebut dan hasil rapat beberapa waktu lalu, upacara HUT RI akan tetap dilaksanakan untuk Provinsi Kaltim di Kantor Gubernur Kaltim secara sederhana dan minimalis, dan untuk Kabupaten/Kota di kantor kepala daerah masing-masing sebelum pelaksanaan upacara di Istana Merdeka,” katanya.

Sementara Dimas, salah satu PPI yang dipercaya kembali mengibarkan bendera merah putih mengaku siap menjalankan kepercayaan yang diberikan.

"Insya Allah saya dan teman-teman yang dipercaya kembali menjalankan tugas ini, siap. Meskipun hanya bertiga, namun tanggungjawabnya sama besar, dan kami akan berikan kemampuan 100 persen kami di lapangan,"ujar Purna Paskibraka Kaltim tahun 2016 ini.

Latihan di tingkat provinsi ini akan berlangsung setiap hari hingga Sabtu mendatang dari pukul 15.30 sore hingga selesai dengan bimbingan pelatih dari PPI Kaltim yang telah berpengalaman.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020