Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Perusahaan tambang batu bara, PT Berau Coal, berupaya menjadi pioner dalam melakukan pelestarian lingkungan dengan melakukan berbagai kegiatan seperti penanaman pohon serta pemberian bantuan motor sampah bagi masyarakat.

"Kepedulian PT Berau Coal ini menjalar pada partisipasi lain masih dalam konteks lingkungan, seperti pemberian bantuan motor sampah, tempat sampah, menggelar kegiatan bertema hari lingkungan baik selaku sponsor maupun pelaksana kegiatan, penanaman pohon," papar Manager Public Relation PT Berau Coal Bintoro Prabowo, Minggu, pada rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada tangal 5 Juni lalu, yang digabungkan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-66, di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb.

Rangkaian kegiatan berupa kegiatan penanaman pohon oleh Bupati Berau secara simbolis dan sepeda santai bersama masyarakat.
 
Kegiatan penanaman pohon menjadi salah satu upaya pengembalian fungsi lingkungan bagi masyarakat. "Untuk itu kegiatan ini kita usahakan dapat dimasukan dalam setiap rangkaian peringatan umum, dan Berau Coal terus mendukung kegiatan yang rupa mengarah kepada pelestarian lingkungan," ungkap Bintoro.

PT Berau Coal yang mewrupakan perusahaan tambang batu bara terbesar di Berau itu dalam rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup menjadi sponsor kegiatan yang bertemakan lingkungan. Bekerja sama dengan komunitas pencinta lingkungan di Berau, beberapa kali diselenggarakan lomba.

"Dengan tema lingkungan hidup seperti lomba menggambar, puisi dan menulis surat kepada bupati dengan tema lingkungan hidup," ujar Bintoro.
 
Sementara itu, Bupati Berau Drs Makmur HAPK MM, menegaskan Pemkab Berau komitmen mendukung program pemerintah pusat dalam gerakan penghijauan dengan menanam pohon.

Berbagai momen penting skala daerah, nasional dan internasional di Berau selalu dirangkai dengan gerakan penanaman pohon. Ditegaskan, semua masyarakat Berau punya tanggung jawab melestarikan lingkungan untuk generasi selanjutnya.

Selama ini , menurut Bupati, partisipasi swasta perlu ditingkatkan, dalam operasional perusahaan pertambangan yang lebih banyak bersinggungan dengan lingkungan, perlu diselaraskan dengan upaya pengembalian fungsi hutan, tanah dan lingkungan hidup yang sempat tergeser oleh aktifitas tambang. Salah satunya dengan penanaman pohon.

Diakui Bupati, PT Berau Coal sudah cukup baik dalam partisipasi kegiatan penanaman yang dilakukan dengan melibatkan masyarakat, dan organisasi. "Kita sangat mengharapkan partisipasi swasta dalam menjaga lingkungan, jangan sampai anak cucu kita nanti tidak bisa menikmati kenyamanan akibat rusaknya lingkungan," ungkap Bupati. (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012