Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi yang akan kembali aktif hingga 1,7 juta orang pekerja yang dirumahkan dan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Berikut rangkuman berita yang cukup menarik dibaca mulai 27 April sampai 2 Mei 2020:

1. Budi Karya kembali aktif sebagai Menhub mulai 5 Mei 2020

Budi Karya Sumadi akan kembali aktif mengemban tugas sebagai Menteri Perhubungan mulai 5 Mei 2020.

“Saya sudah sembuh tapi belum bisa interaksi. Saya exercise. Tanggal 5 Insya Allah (kembali bekerja),” kata Menhub Budi Karya dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemerintah akan berikan insentif bagi 2,44 juta petani

Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah akan memberikan insentif senilai Rp600 ribu bagi 2,44 juta petani.

"Pemerintah juga melihat pada saat ini untuk memberikan insentif kepada para petani. Jumlah petani kategori miskin sebanyak 2,44 juta untuk diberikan insentif agar bisa menanam di periode berikutnya," kata Airlangga di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya di sini

3. Presiden pastikan UMKM bebas pajak penghasilan selama enam bulan

Presiden Joko Widodo memastikan adanya pemberian insentif perpajakan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang beromzet di bawah Rp4,8 miliar per tahun, dengan pembebasan pajak penghasilan (PPh)
Final selama April hingga September 2020.

Presiden, dalam rapat terbatas melalui konferensi video dari Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, mengharapkan pembebasan pajak tersebut dapat meringankan beban UMKM di tengah dampak wabah virus Corona baru (COVID-19).

Baca selengkapnya di sini

4. Menko Perekonomian: Pekerja yang dirumahkan dan PHK 1,7 juta orang

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan ada 1,7 juta orang yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan sepanjang pandemi COVID-19 di Indonesia.

"Tadi direkonsiliasi data ketengakerjaan. Jumlah tenaga kerja yang di-PHK 375 ribu, total yang dirumahkan 1,4 juta orang jadi 1,7 juta secara total," kata Airlangga di Jakarta, Kamis.

Baca selengkapnya di sini

5. Buruh ingin PHK dihentikan saat pandemi COVID-19

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan bahwa suara buruh pada peringatan Hari Buruh Nasional adalah ingin Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dihentikan di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

“Buruh juga menyuarakan agar tidak ada atau stop PHK di massa pandemi corona ini. Untuk itu, KSPI mendesak agar pemerintah melakukan langkah sungguh-sungguh untuk mencegah PHK,” kata Said lewat keterangannya di Jakarta, Jumat.

Baca selengkapnya di sini

 

Pewarta: Ade irma Junida

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020