Tanjung Redeb (ANTARA News Kaltim) - Kabupaten Berau Kalimantan Timur berhasil meraih Plakat Adipura untuk kategori kota kecil pada Peringatan Hari Lingkungan Hidup 2012 berdasarkan penilaian atas keberhasilan mengelola taman sehingga layak mendapat penghargaan itu.

"Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya Selasa (5/6) malam di Hotel Sahid Jakarta," kata Kabag Humas dan Protokol H Mapasikra Mapaselleng SE di Tanjung Redeb, Berau, Rabu.

Peringatan dan penganugerahan award memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 itu dihadiri ratusan penerima penghargaan, baik penghargaan Kalpataru, Adipura maupun Adiwiyata serta status lingkungan hidup bagi sekolah.

Berau yang baru pertama kali meraih Plakat Adipura tersebut memang patut berbangga, walaupun ada tiga yang dilakukan penilaian, yakni berkaitan dengan pengelolaan terminal, pasar maupun taman.

"Ini satu peghargaan yang bisa memicu semangat dalam meningkatkan kualitas lingkungan di daerah," kata Bupati Berau, Drs H Makmur HAPK MM usai menerima penghargaan tersebut.

Di Kaltim, juga menerima penghargaan lingkungan, di antaranya Kota Balikpapan, Kota Bontang dan Kota Tarakan serta Kabupaten Penajam Paser Utara.

Untuk kriteria penilaian, menurut Bupati, sebetulnya pengelolaan pasar bisa juga diunggulkan sebagai salah satu kandidat penerima penghargaan lingkungan.

Namun, diakuinya masih perlu dilakukan penataan, khususnya keterlibatan aktif para pedagang, untuk peduli terhadap lingkungan. Termasuk pengelolaan sampah yang ada di kompleks pasar tersebut.

Bupati berharap pada tahun-tahun mendatang, Berau bisa mendapat penghargaan atas kerja keras bersama dalam mengelola lingkungan.

Menteri Lingkungan Hidup RI Balthasar Kambuaya, usai menyerahkan penghargaan lingkungan tersebut memberikan penekanan khusus terhadap tema lingkungan tahun 2012 yakni "Ekonomi Hijau: Ubah Perilaku, Tingkatkan Kualitas Lingkungan.

Menurut dia, masyarakat berhak untuk mendapatkan kualitas air yang bersih, juga berhak mendapatkan kualitas udara yang bersih, maupun kualitas lingkungan yang baik.  (*)

Pewarta: Helda Mildiana

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012