Bontang (ANTARA News Kaltim) - Dewi Shinta, mahasiswi Universitas Trunajaya Bontang, Kalimantan Timur, terpilih menjadi Duta Lingkungan Hidup 2012 pada ajang pemilihan yang berlangsung dua tahun sekali itu.

Wakil Wali Kota Isro Umarghani di Bontang, Selasa, mengucapkan selamat kepada Dewi Shinta sebagai Duta Lingkungan Hidup, dengan runner up pertama diraih Catur Dewi, mahasiswi Stitek Bontang, dan runner up kedua diraih M Okta L.

"Pemilihan Duta Lingkungan Hidup Kota Bontang ini merupakan kampanye lingkungan hidup untuk mengajak generasi muda turut berpartisipasi menjaga dan melestarikan lingkungan hidup," kata Isro.

Selain itu, menurut Isro, para duta lingkungan hidup setidaknya mampu mengajak masyarakat sekitarnya untuk menjaga lingkungan dalam meningkatkan kesadaran dalam melestarikan dan mengelola lingkungan hidup.

Isro berharap, di Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2012 ini saatnya mulai ditumbuhkan ekonomi hijau dengan mengubah perilaku selamatkan lingkungan dari energi fosil ke energi alternatif yang ramah lingkungan dan meningkatkan karbon udara.

"Banyak yang bisa dilakukan seperti matikan listrik, gunakan sepeda, transportasi massal, manfaatkan lahan kosong, tanam pohon, sehingga jika gerakan itu dilakukan bersama-sama berdampak signifikan terhadap program-program mendukung kelestarian lingkungan hidup," ujar Isro.

Sementara itu, berbagai tahapan dilalui para peserta mulai seleksi administrasi yang diikuti 33 peserta, tes tertulis, "field strip" ke Hutan Wana Tirta Kawasan PT Pupuk Kaltim, Bank Sampah Kelola Mandiri Tanjung Laut.

"Lalu dilakukan audisi di ruang rapat Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan unjuk bakat yang akhirnya berhasil menyaring 10 finalis. Tim juga memberi pembekalan, menambah wawasan 10 finalis dan `public speaking` dan tahapan terakhir malam grand final yang berhasil dimenangkan oleh Dewi Shinta," kata Kepala BLH Bahrudin.

Sedangkan tim juri terdiri dari Drs Hj Sumiaty MM, Ir Ening Widiastuti, dan Abdul Hakim.

Pemenang duta lingkungan hidup dan para runder up tahun 2012 akan diikutkan pada setiap kegiatan sosialisasi dan kampanye lingkungan hidup, ke ajang pameran pekan lingkungan hidup 14-17 Juni 2012 di JCC Senayan Jakarta.

Resmita Pandansari, Duta Lingkungan Hidup Kota Bontang 2010, pada 2012 berhasil meraih juara dua pemilihan Duta Lingkungan Hidup tingkat Provinsi Kaltim. (*)

Pewarta: Suratmi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012