Berbagai cara dilakukan untuk menghindari atau mencegah penularan COVID-19.


Seperti dengan meningkatkan metabolisme tubuh, yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari langsung selama 10 sampai 15 menit dan lari jalanan untuk meningkatkam stamina.

"Ini yang dilakukan TNI dari Koramil 01/Penajam Kodim 0913/ PPU sesuai dengan arahan Komando Atas. Melaksanakan jemur pagi dibawah terik sinar matahari, di Makoramil Penajam Km 1 Kelurahan Penajam Kab PPU pagi ini," ujar Danramil Penajam Kapten Inf Imam S dalam rilis yang disampaikan, Senin (6/4).

Menurut para ahli, sambung dia waktu terbaik jemur badan di bawah sinar matahari pagi adalah diatas pukul 09.00 Wita, serta untuk untuk menambah sistem ketahanan tubuh.

Namun, saat berjemur tidak boleh terlalu lama. Diatas jam 9 pagi cukup 10-15 menit, diatas pukul 11 selama 3 menit, dan diimbangi makan makanan bergizi.

Pelaksanaan berjemur di bawah sinar matahari tersebut dilanjutkan dengan olahraga lari jalanan dengan route Makoramil ke Pelabuhan Penajam dan kembali ke Makoramil, kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan metabolisme tubuh agar terhindar dari penularan virus corona atau COVID-19.

Selain itu, Koramil juga gencar menyampaikan imbauan untuk melawan virus yang cepat penularannya tersebut, khususnya di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara yang merupakan calon Ibu Kota Negara (IKN).

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2020