Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Pemprov Kaltim akan mengikuti Pekan Lingkungan Hidup di Jakarta pada 14-17 Juni 2012 dalam upaya menumbuhkan kesadaran pemangku kepentingan dalam mengelola lingkungan.

"Pameran dalam rangka Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang menjadi kalender tetap dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)," ujar Sekretaris Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kalimantan Timur (Kaltim) Slamet Kusbiantoro di Samarinda, Sabtu.

Kegiatan yang digelar ke-16 kalinya ini memiliki beberapa tujuan, di antaranya agar masyarakat luas dan seluruh pemangku kepentingan semakin sadar dan memahami pentingnya mengelola lingkungan hidup lebih ramah, karena manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat luas, bahkan masyarakat di seluruh dunia.

Saat ini, lanjutnya, BLH Kaltim sedang melakukan persiapan untuk berpartisipasi atas undangan dari KLH itu. Partisipasi yang akan dilakukan Kaltim di antaranya dengan membuka gerai khusus PLI mendatang.

Sedangkan persiapan yang dilakukan pihaknya antara lain mengenai dekorasi, penetapan luas gerai pameran PLI, jumlah poster yang akan ditampilkan, souvenir untuk PLI, penentuan pakaian seragam dan hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan, termasuk kerapian dan kecantikan gerai.

"Sesuai undangan dari KLH terkait gelaran PLI, maka kami saat ini sedang melakukan berbagai persiapan terkait kegiatan itu. Kami berharap dapat mengulang kesuksesan seperti tahun sebelumnya, yakni mendapat juara lagi," ujarnya.

Menurutnya, PLI merupakan ajang pameran dari berbagai prestasi dan sejumlah program pengembangan serta pengelolaan lingkungan hidup di provinsi masing-masing.

PLI juga merupakan sarana promosi dan publikasi berbagai produk dan jasa bidang pengelolaan lingkungan yang telah dilaksanakan oleh seluruh pemangku kepentingan di daerah, baik pemerintah, pengusaha dan masyarakat setempat.

Dia berharap melalui pameran tersebut, dapat memberikan pencitraan pemerintah maupun dunia usaha, khususnya dalam pengelolaan lingkungan secara baik dan dapat memberikan informasi kepada masyarakat mengenai kepedulian terhadap lingkungan.

Kegiatan ini akan diikuti 12 kabupaten dan kota di Kaltim. Selain instansi pemerintah, Pemprov Kaltim juga menggandeng beberapa perusahaan agar ikut serta mengisi gerai Kaltim yang telah dipesan dalam PLI. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012