Wakil Gubernur Kaltim, Hadi Mulyadi melepas kontingen Kaltim yang akan berlaga pada Festival Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional (FORNAS) V Kaltim 2019.

Pelepasan 1.084 kontingen Kaltim tersebut ditandai penyerahan bendera kontingen ke Ketua FORMI Kaltim, Encik Widyani  di halaman kantor Gubernur Kaltim, Jumat (15/11).

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh peserta, pelatih dan official kontingen Kaltim yang akan mengikuti perhelatan FORNAS V yang akan berlangsung mulai hari ini di Samarinda,” kata Hadi Mulyadi.

Dia berharap kontingen bisa menunjukan hasil terbaik. Jika pada FORNAS IV tahun 2017 di Banjarmasin kontingen Kaltim tampil sebagai juara ke 2 setelah tuan rumah, maka tidak salah jika pada perhelatan FORNAS V kali ini menaruh target juara umum.

"Tumbuhkan semangat juang jangan mundur sebelum pertandingan usai. Berjuanglah dengan semangat tinggi untuk nama baik dan keharuman Kaltim di pentas nasional," serunya.

Menurutnya, penyelenggaraan FORNAS merupakan bentuk upaya melestarikan olahraga tradisional. Pelestarian olahraga tradisional yang ada di masyarakat dengan cara memainkan dan mengajarkannya kepada generasi muda.

FORNAS V sendiri akan melombakan 37 cabang olahraga (Cabor) dan akan digelar di 4 venues perlombaan masing-masing di Stadion Madya Sempaja, GOR Segiri, Big Mall, dan Folder Air Hitam.

Selain sejumlah Cabor yang diperlombakan seperti Barongsai yang akan diikuti peserta dari luar negeri, kegiatan yang akan digelar selama 3 hari terhitung mulai 16-18 November,  juga akan diisi dengan Cabor eksebisi seperti Olahraga Layang-Layang di Stadion Madya Sempaja.

Pembukaan FORNAS akan dihadiri Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia Muhadjir Effendy, dan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali.

Pembukaan dilaksanakan pada Sabtu malam, meskipun demikian pada hari Sabtu tersebut sudah ada Cabor yang diperlombakan. Pada event tersebut Kaltim menurunkan 2 tim yaitu tim A dan B. 

Nampak hadir Kepala Dispora Kaltim, M Syirajudin beserta jajaran Dispora Kaltim , panitia penyelenggara FORNAS V dan sejumlah perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kaltim.

Pewarta: Arif Maulana

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2019