Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Dinas Komunikasi dan Informatika Kalimantan Timur berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia dalam instalasi perangkat lunak BlankOn Linux secara massal.

"Sebelumnya DKI Jakarta pernah menginstal 288 unit laptop atau komputer, kini di Kaltim terdapat 468 peserta dari mahasiswa, pelajar dan masyarakat pecinta linux, berarti kita berhasil memecahkan rekor MURI," ujar Kepala Diskominfo Kaltim, M Jauhar Efendi usai menyaksikan pemecahan rekor di arena Kaltim Fair 2012 di Stadion Madya Samarinda, Jumat.

Menurut Jauhar ketika mahasiswa lain berdemo dengan cara anarkis, namun mahasiswa dan pelajar di Kaltim, khususnya dari Samarinda dan Balikpapan justru berkumpul untuk mengikuti seminar dan memecahkan rekor MURI instlasi massal BlankOn Linux.

Kegiatan ini merupakan tindakan cerdas dan patut mendapat apresiasi, pasalnya para mahasiswa dan pelajar berarti turut mengkampanyekan penggunaan perangkat lunak Linux, yakni gerakan untuk meningkatkan penggunaan dan pengembangan perangkat Linux di Indonesia.

Hal ini juga untuk mendukung IGOS (Indonesia Go Open Source) yang dideklarasikan oleh lima kementerian pada 30 Juni 2004, yakni Kementerian HAM, Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Kemeneg Pendayagunaan Aparatur Negara, Departemen Kominfo, dan Departemen Pendidikan Nasional.

Menurut dia manfaat Linux sangat banyak, di antaranya adalah tidak perlu membeli Linux OS dan mengeluarkan uang yang mahal untuk membeli CD windows yang asli.

Manfaat lainnya yakni, tidak perlu takut terkena razia software karena linux adalah gratis, menggunakan linux berarti juga membantu mengurangi pembajakan software dan tidak perlu membeli licensi key.

Dikatakan, IGOS adalah keputusan strategis di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dari Pemerintah Indonesia melalui lembaga terkait, terutama oleh lima kementerian.

BlankOn, lanjut dia, merupakan operasi sistem komputer berbasis Linux yang dikembangkan oleh tim pengembang Linux BlankOn dalam Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).

Fitur Linux BlankOn saat ini mampu menghadirkan varian Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer di Indonesia, terutama di dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan.  (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012