Balikpapan  (ANTARA News Kaltim) - Pelatih Mitra Kukar Simon McMenemy mewaspadai para pemain depan Persiba dan kondisi lapangan dalam menghadapi Persiba Balikpapan di Stadion Parikesit, Komplek Pertamina Karang Anyar, Balikpapan, pada Rabu (25/1).

"Mereka (Persiba) memiliki penyerang yang sangat bagus," kata McMenemy di Hotel Aston, Balikpapan, Selasa.

Para pemain depan Persiba yang dimaksud McMenemy adalah adalah Kenji Adachihara, Aldo Baretto, termasuk juga gelandang serang Matsunaga Shohei.

McMenemy menyebutkan ia berkesempatan menonton pertandingan Persiba versus Persisam pada Sabtu (21/1) dalam lanjutan kompetisi Liga Super Indonesia, di mana ketiga pemain depan berjuang habis-habisan untuk memenangi pertandingan.

Dalam pertandingan itu Aldo dan Kenji dengan dilapis Matsunaga terus bergerak mencari ruang untuk mendapatkan kesempatan dan mencetak gol.

Hasilnya, Persiba sempat unggul hingga 2-0 sampai menjelang akhir babak pertama, walau kemudian striker Persisam Jerry Boima Karpeh menyamakan kedudukan dalam selang waktu kurang dari lima menit.

"Karena itu saya instruksikan para pemain untuk menjaga ketat mereka," sambung McMenemy.

Dengan bek seperti Pierre Njanka yang tinggi besar, juga Hamka Hamzah yang liat, besar kemungkinan nanti Aldo Baretto dan Kenji menghadapi kesulitan di daerah pertahanan Mitra Kukar.

Namun demikian, meski timnya baru saja membungkam Gresik United 2-1 di kandangnya di Gresik, Simon McMenemy merasa tidak akan mudah, walau bukan tidak mungkin, melakukannya di kandang Persiba.

"Persiba punya semangat pantang menyerah yang hebat. Semangat pantang menyerah Persiba itu yang bikin pertandingan nanti akan seru,� kata McMenemy yang pernah membawa tim nasional Filipina hingga semifinal Piala AFF 2010 tersebut.

Selain para striker, McMenemy secara khusus menyebutkan kondisi lapangan Stadion Parikesit yang bisa sangat memburuk ketika hujan. Bila itu terjadi tidak punya instruksi lain selain main bola-bola atas. "Kami punya Marcus untuk itu," katanya.

Pelatih Persiba Hariyadi sendiri sangat menyadari timnya kali ini kembali jadi "underdog" dan tidak diunggulkan meski berposisi tuan rumah.

"Seperti saat lawan Persisam, anak-anak berjanji untuk berjuang habis-habisan. Apa pun siapa pun lawan, ini kandang kita," tegas Hariyadi.

Hariyadi tampaknya akan tetap memainkan sepakbola menyerang 3-4-3. Namun mengingat Mitra mempunyai banyak gelandang bagus, ia mungkin akan menarik sedikit Matsunaga ke belakang kedua striker untuk menambah jumlah gelandang di tengah.

Pertahanan akan dimulai dari pemain pertama yang kehilangan bola. Persiba juga tidak akan diperkuat Rachmad Latif yang mendapat akumulasi kartu kuning. Penggantinya besar kemungkinan Bachtiar, gelandang bertahan yang energik, yang di musim lalu selalu bisa jadi pembeda suasana pertandingan.  (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2012