Sangata  (ANTARA News Kaltim) - Sekitar 3.000 warga Sangkima, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur, mengikuti jalan santai sejauh tiga kilometer yang diselenggarakan Pertamina Area Operasi Sangata, dalam rangka HUT Pertamina ke-54, Sabtu pagi.

Acara yang berlangsung mulai pukul,07.30 Wita itu dimulai dan berakhir di Lapangan Mandala Pertamina Sangkima Sangata.

Ribuan peserta dari berbagai usia, mulai anak-anak hingga orang dewasa dan orang tua di Kecamatan Sangata Selatan itu sangat antusias, saat Field Manager Pertamina Sangata, Suyitno Salindeho, mengangkat bendera start dan melepaskan tembakan pistol ke udara, tanda dimulainya jalan santai.

Suyinto Salindeho didampingi sejumlah petinggi Pertamina Sangata, masing-masing PJS Asisten Manajer Operasi (Opsprod) Tedjo Sumantri, Pjs Asisten Manajer Pemeliharaan Rizky Wahyudi, kemudian kepala layanan operasi Enriko Hutasoit, Kepala SCM/Suplay Management Gunanto

Dalam kesempatan itu, Suyinto Salindeho mengatakan, kegiatan jalan santai merupakan puncak dari peringatan HUT Pertamina ke-54 di Sangata, di mana sebelumnya dilakukan beragam kegiatan olahraga, pengobatan massal, penyerahan bantuan pendidikan dan kesehatan serta peralatan pertanian pasar murah serta bantuan Usaha Kecil Menengah di Desa Sangkima dan sekitarnya.

"Hari ini adalah kegiatan puncak HUT Ke 54 Pertamina dirayakan bersama masyarakat setempat, sebagai kepedulian Pertamina terhadap masyarakat sekitar operasi," katanya.

Menurut Suyitno Salindeho, acara jalan sehat dengan tema "Sehat Bersama Pertamina" karena Pertamina ingin selalu bersama masyarakat, ingin terus bersama-sama dan selalu dekat masyarakat, sebagai bagian tidak terpisahkan dari keberadaan Pertamina.

"Tanpa dukungan dan kebersamaan masyarakat, tentunya pertamina tidak akan bisa seperti sekarang ini, mudah-mudahn tetap eksis dan keberadaannya mendapat dukungan seluruh masyarakat," katanya.

Dikatakannya, khusus untuk acara jalan santai ini Pertamina mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta untuk membeli ratusan hadiah menarik, seperti handphone blackberry, alat rumah tangga, televisi, kulkas dan hadia utama 1 unit sepeda motor.

Dana sebesar Rp500 juta untuk membeli hadiah yang jumlahnya 800 buah dengan aneka ragam hadiah menarik.

"Setiap peserta berhak mendapat 1 buah kupon undian gratis dari panitia, yang diundi usai acara jalan santai. Dan ini digelar setiap tahun memperingati HUT Pertamina," katanya.

Samsiah (52), warga Tabuan Desa Sangkima Lama, mengatakan, sangat senang dengan acara jalan santai yang dilaksanakan Pertamina.

"Saya senang acara sepeti ini, saya biar tua tetap ikut karena senang ramai dan mendapat hadiah gratis, dapat juga baju kaos gratis, maka gratis lagi," katanya.

Samsia yang mengaku datang bersama anak dan cucu berharap dirinya mendapat hadiahnya televisi atau Sepeda Motor

Peserta lainnya, Arbain (44) dan Sarah (37), pasangan suami-istri dari Sangata, mengatakan ikut jalan santai karena diundang rekannya di Sangkima.

"Kami datang dan berharap mendapat hadiah supaya tidak rugi datang jauh-jauh dari Sangata, pulang membawa hadiah," katanya.  (*)

Pewarta: Adi Sagaria

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011