Samarinda (ANTARA News Kaltim) - Ribuan guru dan masyarakat Samarinda mengikuti jalan santai yang digelar Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur dalam rangka memperingati Hari Guru dan HUT PGRI ke-66 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Minggu.

"Semoga semua guru dan peserta yang mengikuti jalan santai ini semakin sehat, sehingga proses belajar-mengajar juga sehat dan mampu meningkatkan mutu pendidikan," kata Wakil Gubernur Kaltim Farid Wadjdy, usai mengangkat bendera start, tanda dimulainya jalan santai itu.

Usai mengikuti jalan santai, Farid membacakan sambutan Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak. "Dalam meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Provinsi Kaltim mengacu pada tiga pilar," ujarnya.

Tiga pilar dalam membangun pendidikan itu, yakni perluasan dan pemerataan akses, kemudian peningkatan mutu, relevansi, daya saing serta penguatan tata kelola, akuntabilitas dan ketiga adalah citra publik pendidikan.

Di samping itu, Kaltim juga memiliki motto "Pendidikan Kaltim Cemerlang" dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Sedangkan makna "Cemerlang" adalah "Cerdas, Merata dengan Prestasi Gemilang".

Dalam mendukung motto tersebut, pada 2011 juga disalurkan "Beasiswa Kaltim Cemerlang" kepada lebih dari 21.000 orang penerima, sedangankan total nilai beasiswa sebesar Rp108 miliar.

Mulai proses pendaftaran hingga pengumuman penerima beasiswa ini dilakukan dengan sistem "online". Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak dengan panitia yang dikhawatirkan penerimanya tidak tepat sasaran.

Penerima beasiswa yang diverifikasi Tim Pengelola Beasiswa Kaltim Cemerlang sekitar 15 ribu orang, sedangkan ribuan penerimaan lainnya tersebar di Dinas Pendidikan dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kaltim.

Terkait dengan jalan santai tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Kaltim, Musyahrim mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikutinya, baik dari kalangan guru, pelajar dan masyarakat mencapai sekitar delapan ribu hingga 10 ribu orang.

Sedangkan hadiah yang telah dibagikan kepada mereka yang berhak menerimanya usai jalan santai adalah dua unit sepeda motor, empat unit sepeda gunung, satu unit lemari es, sejumlah kompor gas, printer, kipas angin dan puluhan hadiah lainnya. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011