Sangatta (Antaranews Kaltim) - Genderang upacara pembukaan (Opening Ceremony) pesta multievent 10 Kabupaten/Kota se-Kaltim yaitu Porprov VI/Kaltim 2018 bakal tersaji ekslusif, Minggu (2/12) malam. Pasalnya Kutai Timur (Kutim) selaku tuan rumah sudah habis-habisan merancang seremoni tersebut.


Sekretaris PB Porprov Saiful Ahmad menuturkan, secara kesiapan telah berprogres hingga 90 persen. Kemarin sudah digulirkan gladi kotor di Stadion Utama Kudungga Sangatta guna memantapkan persiapan.

"Alhamdulillah persiapan berjalan sesuai perencanaan," papar Saiful.

Termasuk soal tamu undangan, pihaknya telah memastikan kedatangan Gubernur Kaltim Isran Noor, Ketua KONI Pusat Tono Suratman, anggota DPR RI dapil Kaltim, serta kepala daerah dari 10 kabupaten kota se-Kaltim.

"Insya Allah mereka datang untuk mendukung pelaksanaan Porprov ini," imbuhnya.

Para peserta dan tamu kehormatan akan ditunjukan berbagai suguhan menarik. Parade dari seluruh kontingen delegasi Kutim, Bontang, Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara (Kukar), Berau, Kutai Barat, Mahakam Ulu, Paser dan Penajam Paser Utara (PPU). Mereka pun bakal bersaing secara fair pada pentas Porprov.
 
Hiburan dari artis ibu kota tidak akan ketinggalan. Panitia Besar (PB) Porprov mengundang Armada Band dan beberapa bintang tamu lainnya, untuk memberikan hiburan kepada masyarakat.

"Lagu yang dibawakan artis dari Jakarta nanti akan jadi puncak seremoni pembukaan," sambung Saiful.
 
Sebelum itu, peserta akan dibuat terkesima oleh tari korsa, dibawakan para pelajar di Kutim. Suguhan tersebut diklaim sudah siap disajikan. Sebab, latihan persiapan sudah dijalani sejak sebulan lalu.

"Gladi kotor ini untuk menentukan pos-pos yang harus diisi dahulu. Rencananya 1 Desember kami sudah gladi bersih," pungkasnya.

Pelaksanaan pembukaan Porprov bakal bergulir 2 Desember. Seremoni itu tertunda sehari sejatinya Sabtu (1/12/2018). Namun, karena menyesuaikan jadwal gubernur akhirnya diundur.

"Even Porprov ini adalah gengsi daerah se-Kaltim. Karena itu kehadiran gubernur sangat penting," tegas Bupati Kutim Ismunandar.

Terdapat 52 cabor yang akan digulirkan pada Porprov, 42 diantaranya berlangsung di Kutim. Sisanya di Samarinda (6), Bontang (3), dan Berau (1). Laga pertama telah berlangsung sejak Kamis (29/11).

"Semoga kerja kita bersama ini bisa sukses dan menjadi sejarah Kutim yang tidak akan dilupakan," tutupnya. (hms13)

Pewarta: Wardi Kutim

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018