Penajam, (Antaranews Kaltim) - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, kembali mengirimkan bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.
    
Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Penajam Paser Utara Herlambang mengatakan, pengiriman tersebut merupakan bantuan tahap kedua untuk korban gempa-tsunami di Sulawesi Tengah.
    
Bantuan yang dikirim tahap kedua itu selain berupa makanan dan pakaian, juga uang tunai sebesar Rp200 juta, sebelumnya telah mengirimkan bantuan makanan dan pakaian dimuat dalam tiga truk yang diangkut Kapal KRI TNI Angakatan Laut melalui Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan.
    
"Bantuan tahap kedua itu juga dikirim dengan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Semayang, bersama bantuan dari daerah lain," jelasnya.
    
Bantuan untuk korban gempa-tsunami di Sulawesi Tengah yang dikirim tersebut, menurut Herlambang, berasal dari sumbangan TNI, perusahaan serta masyarakat.
    
Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara membuka posko bantuan untuk korban gempa-tsunami Sulawesi Tengah.
    
Posko bantuan untuk korban gempa-tsunami Sulawesi Tengah di depan Kantor Bupati Penajam Paser Utara tersebut dijadwalkan dibuka sampai 14 Oktober 2018.
    
"Tapi tidak menutup kemungkinan diperpanjang menyesuaikan kebutuhan di lokasi bencana Palu, Sigi dan Donggala," tambah Herlambang.
    
Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala dilanda gempa berkekuatan 7,4 skala Richter pada Jumat petang 28 September 2018. Setelah itu menyusul tsunami menghantam Palu. Gelombang setinggi 3 meter dari laut naik jauh hingga ke daratan dan menyapu kawasan pemukiman dan tempat berkumpulnya orang di Palu.

Pewarta: Bagus Purwa

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018