Tana Paser (Antaranews Kaltim)-Pemerintah Kabupaten Paser menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman Kantor Bupati, Senin (1/10) diikuti   sejumlah kalangan.

Upacara dipimpin Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, di ikuti sejumlah kalangan di antaranya  pegawai, TNI-Polri,Satpol PP, Dishub, BPBD,  forum koordinasi pimpinan daerah , kepala OPD ,  mahasiswa dan para pelajar.

Komandan Kodim 0904 Tanah Grogot , Letkol (Arh) Ardian Patria Chandra  ketika diwawancarai usai upacara  mengatakan   memperingati  Hari Kesaktian Pancasila   dengan menggelar upacara   dalam rangka mengingat kembali peristiwa sejarah Gerakan 30 September  (30 S/PKI)  pada tahun 1965.

"Upacara ini untuk mengingat  peristiwa  pemberontakan  yang pernah terjadi  yang dinamakan   Gerakan 30 September 1965," kata Ardian.

Gerakan  tersebut  merupakan gerakan dari Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berupaya mengganti ideologi negara Pancasila dengan paham-paham komunis.

Menurutnya, saat ini masih banyak generasi muda yang tidak mengetahui perihal sejarah tersebut, sehingga perlu diperingati untuk mengingatkan agar  peristiwa  itu  jangan sampai terulang kembali. 

Selain  menggelar  kegiatan upacara,  sebelumnya Kodim 0904 TNG telah  menggelar sosialisasi dan pembinaan kepada generasi muda, terkait  kegiatan wawasan kebangsaan  dan cinta tanah air untuk menangkal paham Komunis.

"Pada tahun lalu Kodim 0904 TNG juga  menggelar nonton bareng (nobar) film G30S/PKI di lapangan prajurit," katanya. 

Lanjut Ardian meski pada tahun ini pihak Kodim  tidak aktif  menggelar nobar  film G 30S/PKI tetapi sejumlah masyarakat  berinisiatif sendiri  menggelar nobar disejumlah tempat.

"Ini adalah  wujud kepedulian   masyarakat  sebagai warga negara untuk mengingat sejarah, bahwa  PKI  harus  diwaspadai karena merupakan bahaya laten yang suatu waktu bisa bangkit," pungkasnya. (*/Kominfo Paser)
 

Pewarta: R.Wartono

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018