Samarinda (ANTARA Kaltim) - Wali Kota Samarinda Sjaharie Jaang meminta warga ikut berpartisipasi memeriahkan Festival Mahakam yang digelar 11-15 November 2011.

"Kami mengharapkan partisipasi aktif warga untuk meramaikan dan memanfaatkan acara Festival Mahakam. Kegiatan ini besar manfaatnya karena selain sebagai ajang kreasi, seni budaya dan wadah silaturahmi untuk mengakrabkan lapisan masyarakat dari beragam etnis juga dapat menggerakkan sektor ril," ungkap Sjaharie.

Festival Mahakam ke-11 tahun 2011 yang pelaksanaannya dipusatkan di Kawasan Tepian Mahakam tersebut akan dibuka Wali Kota Samarinda Sjaharie Jaang pada Jumat (11/11) sekitar pukul 09.00 Wita.

Setelah pembukaan, Festival Mahakam yang akan dilaksanakan selama lima hari tersebut, diawali dengan Festival Tari Jepen kemudian dilanjutkan dengan Parade Band dan Tari Modern.

Pada Sabtu (12/11) akan digelar lomba Jetski yang diikuti peserta dari Jakarta, Manado (Sulawesi Utara), Makassar (Sulawesi Selatan), Balikpapan dan Samarinda, kemudian dilanjutkan dengan Power Boating.

Di hari yang sama juga digelar lanjutan Festival Tari Jepen dan Parade Band serta lomba masakan khas dan kue tradisional.

Hari ketiga atau 13 November 2011, Festival Mahakam akan diwarnai lomba berenang menyeberang Sungai Mahakam, karnaval/pawai budaya, parade Tambangan hias serta lanjutan lomba Jetski, Power Boating dan Parade Band.

Pada Senin (14/11), Festival Mahakam akan dimeriahkan oleh Festival Habsyi, lomba olah raga tradisional salah satunya, sumpit, olah raga tradisional Dayak serta final lomba Tari Jepen.

Sebelum penutupan (15/11), akan dilaksanakan atraksi gaya bebas dan final Festival Habsyi.

"Saya juga meminta masyarakat untuk memberikan apresiasi kepada para pungunjung yang berasal dari luar Kaltim sebab Festival Mahakam ini juga sebagai ajang promosi wisata sehingga diharapkan masyarakat memberikan citra positif kepada para pengunjung," tutur Sjaharie Jaang.

Sementara itu Sekretaris Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Kominfo Kota Samarinda, Faisal, mengatakan, persiapan pelaksanaan Festival Mahakam sudah rampung.

"Semua berjalan sesuai target dan persiapan sudah mencapai 100 persen. Hari Jumat (11/11) acara pembukaan akan berlangsung di Tepian Mahakam di depan Kantor Cabang PLN. Kami berharap, masyarakat dapat menghadiri acara pembukaan ini untuk menyaksikan berbagai atraksi yang akan digelar," kata Faisal.

Selama penyelenggaraan Festival Mahakam, juga akan dilaksanakan Mahakam Expo.

"Mahakam Expo diikuti 26 UMKM yang akan memamerkan berbagai produk kerajinan tangan dan makanan khas Samarinda. Jumlahnya memang tidak banyak namun kami berharap pelaku UMKM bisa memanfaatkan Mahakam Expo tersebut sebab ini merupakan kegiatan tahunan yang akan dihadiri ribuan orang, bukan hanya dari Samarinda tetapi juga warga dari berbagai kabupaten/kota di Kaltim bahkan ada yang datang dari luar Kaltim," kata Faisal.  (*)

Pewarta: Amirullah

Editor : Arief Mujayatno


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011