Samarinda (Anataranews Kaltim) - Pengurus Provinsi Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Kalimantan Timur berharap tujuh atlet asal daerah setempat bisa lolos dalam skuad inti timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018.

Ketua ABTI Kaltim Suryadi Gunawan di Samarinda, Minggu, mengatakan saat ini ada 10 atlet dan satu pelatih asal Kaltim yang tergabung di pemusatan latihan nasional (pelatnas) untuk Asian Games 2018.

Suryadi berharap 75 persen dari atlet Kaltim tersebut bisa membela tim Merah Putih.

"Saat ini para atlet masih menjalani `try out` di Korea Selatan, sekaligus untuk evaluasi akhir timnas, kami masih menunggu hasilnya," kata dia.

Menurut Suryadi, para atlet pelatnas sudah bertolak ke negeri ginseng sejak akhir bulan Mei 2018.

Rencananya mereka akan menjalani "try out" di negeri ginseng selama setengah bulan.

"Mereka lebaran di Korea karena memang mepetnya waktu persiapan. Dihitung sisa 200 hari jelang Asian Games, efektifnya sekitar tiga bulan. Kami berharap atlet Kaltim di pelatnas bisa sampai ke Asian Games," katanya.

Sementara itu terkait peluang medali tim Indonesia di Asian Games, Suryadi memprediksi tim putra lebih memiliki kans di zona medali.

Hal itu, menurut dia, berdasarkan raihan positif saat "try out" di Thailand awal Mei 2018.

"Kita agak sedikit di bawah Thailand, tetapi tim putra Indonesia mampu menang dua kali dan kalah sekali. Peluang di putra cukup bagus, sehingga pelatih kita fokus untuk tim putra agar bisa lebih bersaing," kata Suryadi. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018