Samarinda (Antaranews Kaltim) - Dua kota dan satu kabupaten di Provinsi Kalimantan Timur yang masuk nominasi dalam lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Posyandu, serta lomba Lingkungan Bersih dan Sehat (LBS) di tingkat nasional 2018.

"Berkat masuknya nominasi ini, kemudian sejumlah penilai dari Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat sekarang melakukan penilaian ke Kaltim," ujar Kabid Pemberdayaan, Kelembagaan dan Sosial Budaya Masyarakat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim Surya Dharma Herman di Samarinda, Kamis.

Ia melanjutkan bahwa penilaian dilakukan pada 11-13 April 2018 bagi tiga daerah yang masuk nominasi tersebut, yakni Kabupaten Berau, Kota Bontang, dan Kota Samarinda.

Dalamm penilaian itu, Surya bersama TP PKK Kaltim juga turut mendampingi Tim Penilai TP PKK Pusat. Ia mendampingi penilaian di Posyandu Melati Jatida, Kampung Pandan Sari, Kecamatan Segah, Kabupaten Berau.

Sebelumnya, Posyandu Melati Jatida menjadi juara lomba Posyandu tingkat Provinsi Kaltim, sehingga atas dasar ini kemudian diusulkan mengikuti lomba tingkat nasional, sehingga kini masuk nominasi dalam lomba Posyandu tingkat nasional.

Sedangkan perwakilan dari DPMPD lainnya mendampingi Tim Penilai yang melakukan Penilaian Lomba PHBS di Kelurahan Brebes Tengah, Kcamatan Bontang Selatan, Kota Bontang dan Lomba LBS di Kelurahan Sindang Sari, Kecamatan Sambutan, Kota Samarinda.

Ia berharap lomba yang diikuti tiga daerah tersebut paling tidak bisa mempertahankan prestasi di tahun sebelumnya, yakni berada di peringkat tiga besar nasional jenis lomba Posyandu, syukur-syukur bisa menjadi juara dua atau juara pertama.

Begitu pula untuk lomba PHBS dan LBS, diharapkan juga bisa mendapat prestasi di tingkat nasional, termasuk lomba KB Kesehatan yang juga masuk nominasi nasional diharapkan bisa memperoleh hasil yang terbaik.

"Kami berharap proses penilaian melalui verifikasi dan validasi data, termasuk tim yang melihat fakta di lapang berjalan lancar, tentunya diikuti dengan hasil penilaian yang baik sehingga Kaltim bisa menjadi terbaik pada lomba KB Kesehatan Bidang Pokja IV TP PKK Pusat 2018," ucap Surya.(*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2018