Tanjung Redep (ANTARA News - Kaltim) - Keberadaan PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Lati, Kabupaten Berau strategis bagi pengembangan ekonomi di Kabupaten Batiwakal itu.

"Peningkatan  kapasitas  pasokan listrik  PLTU Lati   memiliki peranan  positif   dalam mendorongtumbuh kembang  ekonomi daerah dan menciptakan  keharmonisan  berbagai sektor  mencapai  maju  pembangunan  daerah," kata anggota DPRD Berau, Rustam di Tanjung Redep, Kamis.

Ia menambakan bahwa dengan daya  listrik mencukupi, seluruh sektor makin leluasa bergerak berusaha.Tidak ada  lagi penghalang
berupa  kekurangan energi yang berdampak  terhadap  penurunan daya  saing daerah.

Agar proses  pemerataan  daya saing ekonomi daerah bergerak secara  merata  Rustam melihat  perlu upaya   agar pasokan daya listrik itu  tida terkonsentrasi pada satu  titik.

Dia  mengungkapkan  sebaran aliran listrik  itu  jika   bisa  masuk  secara bebas  hingga ke polosok dengan berbagai cara  dan sistem.

Jujur , Rustam, melihat   ketersebaran ketersediaan aliran listrik masih belum merata, "Lihat saja  listrik masih bisa dinikmati oleh penduduk  kota.Bagaimana  dengan  penduduk  yang berdiam di
pedalaman.Apa  sudah bisa merasa aliran litsrik. Saya rasa  jawabanya pasti,  belum," ucap  Rustam.

Agar  kondisi   tersebut  terus menerus terjadi dan tidak tertangani, beban melakukan pemerataaan sebaran aliran listrik itu  harus diatasi secara lintas sektoral.

Rustam lalu mengatakan  beban  berat ada di  pundak  PLN bersama perusda  serta  pemerintah daerah untuk melakukan  kebijakan terobosan guna   melakukan sebaran  terhadap  daya  listrik ke seluruh  pelosok.

"Di antara kebijakan itu adalah melakukan penghematan dan  optimalisasi  jaringan agar listrik yang hasil  penghematan itu
bisa  disalurkan ke  penduduk  lain," papar Rustam.(*)

   

Pewarta:

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2011