Samarinda (ANTARA Kaltim) - DPC Partai Demokrat Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, memberikan bantuan bagi warga korban kebakaran pada Jumat (27/10), sekitar pukul 16.00 WITA dan menghanguskan empat buah rumah serta kantor pemerintah.

"Kebakarannya terjadi di RT 08, Ujoh Bilang, Kecamatan Long Bagun, persis di seberang jalan Koramil-03 Long Bagun. Kejadiannya tanggal 27, sementara bantuan dari DPC Demokrat Mahulu diserahkan tanggal 28, kemarin," ujar anggota DPRD Mahakam Ulu Kelawing Julaiha dihubungi dari Samarinda, Minggu.

Sebanyak empat rumah yang habis terbakar itu terdiri tiga rumah yang dihuni warga, kemudian satu rumah merupakan rumah warga yang dikontrak oleh salah satu kantor Pemkab Mahakam Ulu, yakni rumah yang dikontrak dan dijadikan kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perijinan Terpadu (PMP2T) . 

Menurut Julaiha yang merupakan politisi Partai Demokrat setempat, bantuan yang diberikan tersebut merupakan solusi bagi warga yang terkena musibah karena begitu rumah terbakar beserta barang-barang di dalamnya, maka korban membutuhkan pakaian, makanan, dan tempat tinggal sementara.

Sedangkan bantuan yang telah diserahkan kepada warga antara lain beras, minyak goreng, makanan instan, pakaian, bantal, dan sejumlah perlengkapan lain, sehingga paling tidak bantuan yang diberikan bisa meringankan beban warga.

Ia juga berharap pihak lain bisa membantu korban kebakaran tersebut karena disadari bahwa warga yang telah kehilangan rumah dan harta lainnya, tentu membutuhkan bantuan seikhlasnya dari siapa saja untuk meringankan bebannya.

Menurutnya, keluarga, warga, dan tetangga juga diharapkan bisa menghibur secara mental agar korban tidak stres, karena dikhawatirkan bagi orang yang kehilangan harta bendanya bisa kehilangan semangat.

Di sisi lain, ia juga menyarankan agar petugas pemadam kebakaran lebih cekatan dalam menangani kebakaran, karena berdasarkan pemantauan di lapangan saat kejadian, petugas pemadam baru tiba sekitar satu jam ketika kebakaran terjadi dan dari berbagai elemen turut membantu memadamkan api.

Dalam peristiwa kebakaran ini tidak ada korban jiwa, namun ada seorang perempuan yang pingsan menyaksikan peristiwa itu dan langsung dilarikan ke Puskesmas Ujoh Bilang. 

Belum diketahui pasti berapa nilai total kerugian akibat peristiwa itu. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017