Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Pelatih Borneo FC, Iwan Setiawan mengaku puas dengan keberhasilan skuadnya meraih poin penuh saat menghadapi Persiba Balikpapan pada laga yang berlangsung di Stadion Mulawarman, Bontang, Senin (25/9).

Pada laga yang berakhir dengan skor 1-0 untuk Borneo FC itu, Iwan merasa lega karena timnya bisa melalui laga usiran dengan hasil maksimal.

Apalagi, lanjut Iwan, tim Persiba juga tampil bagus dan bisa memberikan perlawanan, sehingga membuat skuadnya sulit untuk menciptakan peluang utamanya di babak pertama.

Namun dikatakan Iwan, setelah dia melakukan perubahan strategi di babak kedua, barulah timnya bisa menciptakan peluang dan akhirnya bisa mencetak gol.

"Pada babak pertama, saya menerapkan formasi 4-3-1-2, Namun formasi itu tak berjalan mulus, sehingga di babak kedua saya pakai formasi 4-2-3-1, barulah ada banyak peluang terjadi," jelasnya.

Iwan memutuskan kembali menggunakan 4-2-3-1 dengan memainkan Smeltz sebagai striker tunggal. Sedangkan Lerby dan Patrich posisinya bukan sebagai winger melainkan striker bayangan.

"Kuncinya memainkan pemain yang tidak bermain di posisi seperti biasanya. Dan mereka ikhlas menerima itu secara profesional. Saya bilang, demi tim kau harus bermain dengan posisi ini," ucapnya.

Sementara itu pemain Borneo FC, Patrich Wanggai mengaku puas dengan performa timnya yang berhasil meraih 3 poin di laga usiran.

"Ini berkat yang baik bagi kami dapat bawa pulang 3 poin. Ini bukan kandang kami tapi kami berusaha untuk tim," kata Patrich.

Pemain asal Papua ini tampak paling bersemangat saat pertandingan. Bahkan ketika ditarik keluar, Patrich tetap bergelora menyemangati rekan-rekannya dari luar lapangan.

Menurutnya hal itu harus dilakukan demi meraih kemenangan dalam pertandingan bertajuk Derby.

"Harus begitu. Kita tahu ini punya perjalanan panjang dan pertandingan berat jadi perlu semangat lagi. Dan saya memberikan semangat ke para pemain di lapangan," katanya.

Sementara itu pelatih Persiba, Haryadi tetap memberikan apresiasi kepada para pemainya yang sudah berjuang maksimal sepanjang pertanding.

"Pemain sudah bekerja keras dan menjalankan taktik dengan baik, sayang dari segi hasil sangat mengecewakan,"katanya.

Ia berharap para pemainnya tidak larut dengan hasil pertandingan menghadapi Borneo, pasalnya masih banyak tugas dan tanggung jawab tim menghadapi laga berikutnya.

"Kami harus fokus dan terus berjuang di laga selanjutnya, semoga di pertandingan berikutnya kami bisa meraih hasil positif," jelasnya.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017