Tana Paser (ANTARA Kaltim) - Kepolisian Resor Paser, Kalimantan Timur, menyiapkan sebanyak 194 personel untuk melakukan pengamanan perayaan Hari Raya Idul Adha.

"Untuk pengamanan Idul Adha, personel dari Polres sendiri sudah disiapkan 194 personil, " kata Wakil Kepala Polres Paser Kompol Bambang Herkamto usai menggelar rapat koordinasi pengamanan Hari Raya Idul Adha, di Mapolres, Jumat.

Dalam rakor ini, Polres Paser mengundang instansi terkait diantaranya Dinas Perhubungan, Satpol PP, Dinas Kominfo, Pengurus Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Paser dan pengelola SPBU.

Ada beberapa materi yang dibahas dalam rakor tersebut terkait perencanaan pengamanan, antara lain pengamanan pada malam takbiran, rute pawai takbiran, pelaksanaan sholat Id, tempat wisata, dan rumah dinas pejabat, serta lokasi pembagian hewan kurban.

Terkait pengamanan di wilayah kecamatan, kata Bambang, polres sudah meminta setiap polsek untuk mendata lokasi tempat sholat Id dan lokasi pemotongan hewan kurban.

"Untuk itu, saya minta jajaran polsek berkoordinasi dengan pihak kecamatan," katanya.

Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan pemantauan sentra penjualan hewan kurban di daerah itu dengan dinas terkait.

"Kita tahu bahwa hewan kurban di sini sebagian besar dipasok dari luar, sehingga perlu dilakukan pengecekan untuk memberikan rasa aman bagi warga. Ini masih ada cukup waktu untuk pengecekan," katanya.

Pada kesempatan itu, Wakapolres juga meminta perhatian Satpol PP untuk melakukan patroli pengamanan di rumah dinas pejabat maupun kantor instansi pemerintah.

Terkait rute pawai takbiran, seperti disampaikan Kasatlantas Polres Paser AKP Hendro Wibowo, bahwa satlantas sudah menyiapkan rute alternatif.

Namun, rute yang dipaparkan dalam rakor tersebut belum final karena harus menyesuaikan peserta pawai.

"Jadi rute ini masih sementara, akan disesuaikan dengan jumlah peserta pawai takbir. Kita mempertimbangkan juga aftab pejabat tidak terlalu lama menunggu. kami menunggu data jumlah peserta dari panitia," katanya. (*)

Pewarta: R Wartono

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017