Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Sedikitnya dua puluh rumah di Jalan Mesjid RT.32 Kelurahan Rawa Makmur, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, hangus terbakar pada Senin,(3/7) sekitar pukul 09.30 Wita.

Menurut informasi, kebakaran terjadi di kawasan permukiman padat penduduk yang tidak jauh dari pasar lama Kecamatan Palaran. Kejadian itu dilaporkan menyebabkan sejumlah warga dan relawan mengalami luka ringan.

"Kami telah membawa korban luka ke RS terdekat, dan semuanya sudah ditangani oleh pihak medis," kata Kepala BPBD Kota Samarinda, Nanang Arifin.

Disebutkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sedikitnya 23 KK yang terdiri 63 jiwa kehilangan rumah tinggal.

Ia mengatakan luas wilayah kebakaran tersebut sekitar 50 meter x 40 meter dan kurang lebih kerugian ysng ditimbulkan mencapai Rp800 juta.

"Api begitu cepat membakar rumah warga, karena sebagain besar merupakan rumah kayu dengan jarak yang saling berdekatan," katanya.

Untungnya, lanjut Nanang lokasi kebakaran juga mudah dijangkau oleh mobil PMK sehinga para petugas dan dibantu dengan warga sekitar bergerak cepat. Api bisa segera dipadamkan satu jam kemudian.

"Sekitar pukul 11.00 Wita api sudah bisa dipadamkan," ucapnya menjelaskan.

Berdasarkan laporan sejumlah warga menyatakan bahwa api diduga berasal dari korsleting listrik di rumah salah seorang warga bernama Hanifah.

"Untuk proses penyidikan bukan wilayah kami, kita serahkan kepada pihak yang berwenang untuk menanganinya," tegasnya.(*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017