Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga jajaran tingkat daerah siap membantu dinas pertanian dan masyarakat dalam mencetak sawah baru, seiring telah dilakukan penandatanganan kerja sama antara TNI-AD dengan Kementerian Pertanian.

"Kami terus memonitor program ketahanan pangan dan swasembada pangan yang dilakukan kerja sama dengan TNI-AD karena kepercayaan ini harus kita jaga agar bisa swasembada," ujar Kasi Teritorial Korem 091/ASN Samarinda, Kalimantan Timur Letkol Infantri Firalta Paksana Tarigan di Samarinda, Rabu.

Sebagai perpanjangan realisasi penandatangan tersebut, pelaksanaan di lapangan dilakukan oleh Kodim dengan melibatkan para Babinsa (Bintara Pembina Desa), yakni melalui bantuan pencetakan sawah dan menjaga pasokan bibit maupun pupuk kepada petani tetap terjaga.

Secara nasional, penandatangan kerja sama ini telah dilakukan Kepala Staf TNI-AD dengan Kementerian Pertanian yang dimulai pada Januari 2014. Berangkat dari dasar ini, kemudian kerja sama dilanjutkan oleh para Kodam di seluruh provinsi, termasuk dengan Kodam VI/Mulawarman Provinsi Kalimantan Timur.

Sedangkan dalam upaya merealisasikan program ketahanan dan swasembada pangan yang salah satunya melalui cetak sawah, lanjutnya, harus terus dilakukan kerja sama terpadu dengan pemerintah provinsi hingga pihak terkait di kabupaten/kota.

Kerja sama tersebut seperti dalam pengadaan modernisasi alat pertanian. Sementara untuk pencetakan sawah baru harus didukung dengan melakukan pengembangan jaringan irigasi dan menyalurkan pupuk berimbang, termasuk mengendalikan hama pada tanaman.

"Kita harapkan dari kerja sama ini adalah untuk menambah luasan sawah karena selama ini sudah banyak Babinsa yang membantu masyarakat mencetak sawah baru, terutama pada lahan yang belum termanfaatkan sehingga bisa menambah produksi padi seiring bertambahnya luasan tanam," katanya.

Selama ini, katanya, sejumlah daerah di Kaltim masih banyak terdapat lahan tidur yang belum termanfaatkan. Kondisi inilah yang kemudian dikerjasamakan sehingga selama kerja sama berlangsung, para Babinsa siap membantu mengubah lahan tidur menjadi areal persawahan. (*)

Pewarta: M.Ghofar

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017