Samarinda (ANTARA Kaltim) - PB Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (IKASI) mengirim satu pelatih nasional untuk mengikuti kegiatan penataran pelatih sekaligus kursus pelatih Internasional di Bukares, Rumania.

Ketua Bidang prestasi PB IKASI, Muslimin di Samarinda, Jumat, mengatakan pengiriman pelatih mengikuti kursus di luar negeri tersebut dianggap sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas para pelatih nasional.

"PB IKASI mengirimkan Fatullah, pelatih sabel asal Jawa Timur untuk mengikuti penataran sekaligus kursus kepelatihan selama tiga bulan di Rumania," kata Muslimin.

Menurut dia, Fatullah akan berangkat hari ini, 6 Januari 2017 ke Rumania, untuk mengikuti program kepelatihan yang dilaksanakan oleh Federasi Anggar Internasional.

"Saat ini kita mengirim pelatih sabel karena melihat potensi medali Indonesia untuk even Internasional paling berpeluang terjadi di nomor sabel," urainya.

Ia tidak menampik bahwa kualitas pelatih nasional masih perlu ditingkatkan, selaras dengan tujuan untuk mewujudkan kembali kejayaan anggar nasional khususnya di ajang SEA Games.

Apalagi dalam waktu dekat Indonesia juga akan menjadi tuan rumah ASEAN Games 2018, tentunya tim anggar Indonesia juga ditargetkan meraih medali emas.

"Upaya peningkatan kualitas pelatih akan menjadi program rutin PB, dan tentunya kami berharap tahun berikutnya bisa semakin banyak pelatih yang akan kita kirim," jelasnya.

Selain agenda peningkatan kualitas pelatih, Muslimin menambahkan bahwa PB IKASI juga menjadwalkan keberangkatan sejumlah wasit nasional untuk mengikuti kursus wasit Internasional.

"Saat ini memang banyak wasit nasional yang sudah bersertifikasi internasional, naman sayangnya banyak di antara mereka yang sudah vakum dari kegiatan anggar, sehingga diperlukan upaya untuk regenerasi," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2017