Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sekitar seribu atlet telah siap bertanding pada pelaksanaan "9th Brunai Indonesia Malaysia Philipina-East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) Friendship Games Tahun 2016" yang digelar di Kota Samarinda, Kalimantan Timur, 7-11 Desember.

Ketua panitia "9th BIMP-EAGA" Syafruddin Djaprie di Samarinda, Senin, mengatakan jumlah peserta tersebut akan terus bertambah karena peserta dari Brunei dan Sulawesi Barat belum menyampaikan konfirmasi.

"Kami perkirakan jumlah peserta kurang lebih 1200 orang, karena di BIMP- EAGA tahun ini, juga akan diikuti oleh Negara Australia sebagai tambahan," ucapnya.

Ia menjelaskan bahwa pada BIMP-EAGA tahun ini akan mempertandingkan 11 cabang olahraga yakni sepak takraw, tenis meja, voli pasir, karate, bola basket, bulu tangkis, pencak silat, atletik dan satu cabang eksekusi yakni golf.

Untuk tempat pertandingan, lanjut Djafrie, semuanya akan dilaksanakan di Samarinda, di antaranya Stadion Sempaja, GOR Segiri, Stadion Palaran dan komplek olahraga folder air hitam Samarinda.

Menurut Djafrie, beberapa venus sudah dalam kondisi siap seperti di Stadion Sempaja dan folder air hitam, dan ada beberapa yang masih diperbaiki seperti venus bola voli pantai di komplek Stadion Palaran.

"Untuk perbaikan venue di Palaran saat ini masih dalam pengerjaan dan progresnya minggu depan sudah tuntas, sedangkan untuk GOR segiri hanya perlu penambahan karpet," tegasnya.

Ia menambahkan sejauh ini pihaknya tengah merencanakan jadwal pelaksanaan pertandingan mulai 7-11 Desember 2016 atau lebih cepat satu hari dari jadwal semula.

Namun, lanjut dia, usai penutupan yang sedianya dilaksanakan tanggal 11 Desember, disediakan waktu sehari untuk melaksanakan acara santai dengan berkunjung ke beberapa tempat wisata yang ada di Samarinda dan sekitarnya.

"Kami tengah berkordinasi dengan kepanitian disini untuk mengupayakan transportasi bagi semua peserta, minimal bisa proporsional untuk jumlah kontingen, sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berlangsung lancar mulai dari awal hingga penutupan," katanya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016