Balikpapan (ANTARA Kaltim) -  Pemerintah Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, bersama PT Pertamina (Persero) melakukan perundingan untuk membahas markas klub sepak bola Persiba Balikpapan pada kompetisi musim 2017.

Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi kepada wartawan di Balikpapan, Selasa, mengatakan Pertamina masih bersedia membantu tim berjuluk "Beruang Madu" saat memgikuti kompetisi nasional musim depan.

Seperti diketahui, Pertamina akan mulai mengosongkan Stadion Parikesit yang selama ini menjadi markas Persiba dan selanjutnya dibongkar untuk areal pergudangan dan bengkel dalam mendukung proyek percepatan pembangunan kilang minyak.

"Pertamina berharap areal stadion sudah bisa dibongkar, tapi kami masih rundingkan. Kami harap Pertamina bersedia membantu, apakah sewa atau bagaimana," ujar Rizal.

Menurut Wali Kota, Pertamina lebih memilih membantu dengan mencarikan markas baru untuk Persiba, sehingga areal Stadion Parikesit bisa secepatnya dibongkar.

"Sekarang Persiba, pemkot dan Pertamina tengah melakukan pembicaraan agar sama-sama tidak ada yang dirugikan," tambah Rizal.

Pertamina memastikan pada awal 2017 akan memulai pengerjaan pembangunan pergudangan dan perbengkelan di bekas lahan Stadion Parikesit.

Rizal Effendi berharap ada solusi terbaik untuk kedua belah pihak, karena kepentingan pembangunan kilang menyangkut program nasional dan berpengaruh pada ekonomi.

"Persiba juga harus tetap jalan, karena kepentingan masyarakat pecinta Persiba tetap harus diakomodasi. Pemerintah kota meminta semua pihak ikut membantu permasalahan Persiba, karena situasinya memang seperti ini," ucapnya.

Sementara ini ada beberapa stadion yang bisa menjadi markas Persiba sampai proyek pembangunan stadion utama di Balikpapan rampung, di antaranya Stadion Benuo Taka di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Stadion Sultan Agung di Bantul, Yogyakarta.

Informasi yang diperoleh menyebutkan, Bupati Penajam Paser Utara Yusran Aspar telah mengirimkan surat kepada manajemen Persiba untuk mengecek kelayakan Stadion Benuo Taka sebagai markas pada kompetisi 2017.

"Kalau surat sudah kami terima, akan kami undang PT Liga mengecek keadaan Stadion Benuo Taka Penajam. Kalau layak, kami lebih memilih bermarkas di Penajam Paser Utara, karena jaraknya lebih dekat dengan Balikpapan," tambah Sekretaris Umum Persiba Irfan Taufik. (*)

Pewarta: Novi Abdi

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016