Samarinda (ANTARA Kaltim) - Warga yang tinggal di perbatasan dengan negeri Jiran, Malaysia, yakni di Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, segera bisa mengakses internet karena Telkomsel akan memasang BTS 3G di menara telekomunikasi yang ada.

"Selama ini untuk layanan 2G sudah lama bisa diakses. Namun setelah pihak Telkomsel dan Pemkab Mahakam Ulu melakukan pertemuan, kemudian disepekati akan dilakukan peningkatan untuk layanan 3G," ujar Kabid Pos dan Telekomunikasi Diskominfo Provinsi Kaltim Atmaji di Samarinda, Senin.

Dalam pertemuan yang digelar di Kantor Telkomsel Balikpapan, beberapa pekan lalu, lanjut Atmaji, menghasilkan beberapa kesepakatan yang menjadi perhatian bersama.

Kesepakatan mendasar adalah PT Telkomsel siap memasang pemancar signal berupa BTS 3G pada menara telekomunikasi yang saat ini baru bisa diakses untuk kebutuhan telepon seluler, terutama di Ibu Kota Mahakam Ulu, Ujoh Bilang, sehingga enam menara lain yang sudah berdiri juga bisa dilakukan reley dari menara telekomunikasi utama.

Kesepakatan lainnya adalah operator seluler siap memberikan pelatihan kepada warga setempat untuk merawat menara hingga BTS, sementara Pemkab Mahakam Ulu bertanggungjawab dalam penyediaan genset dan SDM untuk operasional menara telekomunikasi tersebut.

"Saat pertemuan di Balikpapan waktu itu, Telkomsel menyatakan peralatan untuk mengkases data internet atau 3G sudah siap, bahkan untuk 4G pun sudah ada, jadi tinggal menunggu aksi dari Pemkab Mahakam Ulu untuk kelanjutan pemasangan peralatan data internet di kawasan itu," katanya.

Dilanjutkannya, dalam pertemuan tersebut juga disepakati bahwa sebelum tutup tahun 2016, di Kabupaten Mahakam Ulu sudah bisa mengakses data internet, sehingga hal ini akan menjadi kado Natal dan tahun baru bagi warga setempat.

Pertemuan di Kota Balikpapan dilakukan karena desakan warga perbatasan yang menginginkan memiliki hak yang sama dalam memperoleh layanan telekomunikasi baik melalui telepon seluler maupun akses internet.

Pertemuan di Balikpapan itu difasilitasi oleh Diskominfo Kaltim untuk menjembatani sekaligus memperoleh kesepakatan antara Telkomsel dan Pemkab Mahakam Ulu yang saat itu dilakukan oleh Wakil Bupati Mahakam Ulu, guna menentukan waktu pemasangan peralatan data internet baik 3G maupun 4G. (*)

Pewarta: M Ghofar

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016