Tenggarong (ANTARA Kaltim) - Tuan rumah Kabupaten Kutai Kartanegara merebut gelar juara umum pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi atau Popprov Kalimantan Timur ke-14 tahun 2016, setelah meraih 70 medali emas, 61 perak dan 67 perunggu.

"Saya mengucapkan selamat kepada Kabupaten Kutai Kartanegara yang berhasil keluar sebagai juara umum Popprov Kaltim 2016. Saya mengingatkan ke depan selalu mempersiapkan diri untuk meraih prestasi pada ajang lainnya," ujar Wakil Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah saat mewakili Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak pada penutupan Popprov di Stadion Rondong Demang Tenggarong, Selasa.

Pada perhelatan yang diikuti 10 kabupaten/kota itu, kontingen Kota Samarinda berada di urutan kedua dengan mengumpulkan 62 medali emas, 47 perak dan 39 perunggu, disusul Kota Balikpapan di peringkat tiga dengan 50 emas, 53 perak dan 49 perunggu.

Edy Damansyah mengatakan Popprov bertujuan menggali potensi atlet muda untuk persiapan kontingan Kaltim menghadapi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Jawa Tengah.

"Ajang ini menjadi wahana tepat bagi atlet pelajar untuk membuktikan kemampuan dan meraih prestasi. Semoga hasil tahun ini menjadikan proses pembinaan terarah untuk prestasi maksimal atlet Kaltim di Popnas," ujarnya.

Popprov Kaltim 2016 mempertandingkan 19 cabang olahraga, yakni sepak bola, bola voli, bulu tangkis, tenis meja, tenis, sepak takraw, renang, atletik, senam, dayung, karate, pencak silat, gulat, judo, tinju, bola basket, panahan, angkat besi, dan taekwondo.

Selain itu, ada dua cabang olahraga yang menjalani pertandingan eksibisi, yaitu kempo dan tarung derajat.

Seluruh pertandingan digelar di empat lokasi di Kutai Kartanegara, masing-masing kompleks Stadion Aji Imbut, GOR Rondong Demang, lapangan tenis dalam ruangan DPRD Kutai Kartanegara, dan BPU Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong.       (*)

Pewarta: Hayru Abdi

Editor : Amirullah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016