Samarinda (ANTARA Kaltim) - Sinergi Badan Usaha Milik Negara masing-masing PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Pupuk Kaltim, dan PT Hutama Karya menyerahkan bantuan senilai Rp3,37 miliar untuk beberapa kegiatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Timur.

Bantuan dari program BUMN Hadir untuk Negeri itu diserahkan secara simbolis oleh Direktur PT Pupuk Indonesia (Persero) Aas Asikin Idat bersama manajemen BUMN di Kaltim kepada perwakilan penerima usai menjadi inspektur upacara peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia di Stadion Mulawarman, Kota Bontang, Kaltim, Rabu.

Bantuan itu antara lain untuk program bedah rumah veteran sebesar Rp2 miliar, elektrifikasi rumah warga Rp150 juta, pembuatan MCK Rp500 juta, tempat penitipan anak Rp300 juta, pengadaan air bersih Rp300 juta, dan modal usaha untuk mantan atlet sebesar Rp60 juta.

"Penyerahan bantuan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang dilaksanakan di beberapa daerah di Provinsi Kaltim," kata Aas Asikin.

Dalam program yang digelar Kementerian BUMN ini, PT Pupuk Indonesia ditunjuk sebagai penanggung jawab kegiatan di wilayah Kaltim, bersama PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya.

Untuk seluruh kegiatan yang termasuk dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri di Kaltim, ketiga BUMN tersebut menggelontorkan dana sekitar Rp9,2 miliar.

Aas mengatakan Pupuk Indonesia bersama Pupuk Kaltim dan Hutama Karya berkomitmen untuk menumbuhkan dan memupuk rasa kebanggaan berbangsa dan bertanah air.

"Program-program yang dilaksanakan tidak hanya dalam rangka memperingati HUT RI, tetapi juga sebagai kontribusi BUMN dalam berperan membangun kapasitas nasional," kata mantan Dirut PT Pupuk Kaltim itu.

Direktur SDM dan Umum PT Pupuk Kaltim Meizar Effendi dalam laporannya menjelaskan sejumlah kegiatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan dalam program BUMN Hadir Untuk Negeri, antara lain pembinaan dan pelatihan narapidana di Lapas Bontang, Siswa Mengenal Nusantara, nonton bareng film anak bersama 700 pelajar dan guru, jalan sehat dan pasar murah yang menyediakan 1.500 paket sembako untuk warga kurang mampu.

"Selain itu, masih ada program BUMN Mengajar, di mana nantinya direksi Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya akan berkunjung ke SMU/SMK yang berada di wilayah perbatasan," jelasnya.

Sementara itu, upacara peringatan HUT Ke-71 Kemerdekaan RI di Stadion Mulawarman berlangsung khidmat dengan dihadiri perwakilan sejumlah BUMN seperti Pupuk Kaltim, Hutama Karya, Petrokimia Gresik, Pupuk Kujang, Sucofindo, dan perbankan, serta karyawan BUMN yang beroperasi di Kaltim.

Setelah upacara, digelar Pesta Rakyat di Stadion Mulawarman untuk masyarakat Bontang dan sekitarnya yang menyajikan kuliner gratis dan berbagai perlombaan tradisional, seperti bakiak tandem, tarik tambang, balap karung estafet, dan panjat pinang. (*)

Pewarta: DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016