Samarinda (ANTARA Kaltim) -  Persatuan Gulat Seluruh Indonesia (PGSI) Kalimantan Timur berencana mendatangkan pegulat Bulgaria untuk memaksimalkan program latihan pegulat Kaltim menjelang pertandingan PON XIX 2016.

Sekretaris PGSI Kaltim, Sumarlani di Samarinda, Selasa, mengatakan pertimbangan mendatangkan pegulat Bulgaria tersebut karena melihat hasil positif yang dicapai pegulat Kaltim usai melakoni uji tanding melawan sejumlah pegulat dari Eropa wilayah Timur tersebut.

Apalagi lanjut Sumarlani, beberapa pegulat Bulgaria yang akan didatangkan tersebut merupakan pegulat timnas dan pernah mengikuti kejuaraan dunia dan olimpiade.

"Hasilnya sparing bersama dengan tim di sana sangat bagus dan atlet kami juga sudah banyak mengalami kemajuan yang signifikan," kata Sumarlani.

Untuk merealisasikan, dikatakan Sumarlani bahwa pihaknya telah meminta secara langsung kepada Ketua KONI Kaltim mendatangkan 6 atlet Bulgaria sebagai sparing partner hingga PON mendatang yakni 2 putri dan 4 putra.

Sebab lanjut Sumarlani, pegulat Bulgaria yang diincar telah mengisyaratkan setuju, dan pihaknya juga telah melayangkan surat resmi.

"Secara lisan sudah kami sampaikan kepada induk organisasi gulat Bulgaria, dan saat ini suratnya juga sedang dalam proses dalam waktu dekat ini akan dikirim , kami berharap para pegulat tersebut bisa datang ke Indonesia, pekan depan," katanya.

Ketua KONI Kaltim, Zuhdi Yahya mengaku sudah menyetujui permintaan gulat Kaltim mendatangkan enam pegulat sebagai sparing latihan.

Ia menjelaskan cabang gulat merupakan salah cabang penyumbang medali terbanyak ditambah dengan prestasi mereka dari PON ke PON yang membanggakan.

"Kami berharap prestasi yang saat ini sudah diraih minimal bisa dipertahankan, makanya saya setuju ada sparing untuk gulat Kaltim," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Rahmad


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016