Bontang (ANTARA Kaltim) - Sebanyak 1.500 paket sembilan bahan pokok yang dijual pada kegiatan pasar murah program "BUMN Hadir Untuk Negeri" di Gedung Koperasi Pupuk Kaltim, Kota Bontang, Kalimantan Timur, Minggu, ludes diserbu warga dari keluarga kurang mampu.

Paket sembako berisi beras, minyak goreng, gula, mie instan, dan kecap manis itu dijual dengan harga hanya Rp25.000 per paket, jauh lebih murah dibanding harga resmi barang-barang tersebut sekitar Rp150.000 per paket.

"Hasil penjualan sembako itu akan disumbangkan ke rumah ibadah yang ada di sekitar perusahaan (Pupuk Kaltim)," kata Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia Tossin Sutawikara, dalam keterangan tertulisnya.

Kegiatan pasar murah itu merupakan salah satu rangkaian acara dari program BUMN Hadir Untuk Negeri yang digelar serentak di beberapa daerah di Indonesia. Selain pasar murah, pada pagi harinya diadakan jalan sehat yang diikuti ribuan warga Kota Bontang dan sekitarnya.

Untuk wilayah Kaltim, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Pupuk Kaltim dan PT Hutama Karya (Persero) ditunjuk sebagai penanggung jawab program BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka memperingati 71 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Jalan sehat yang mengambil start dan finis di Stadion Mulawarman Bontang dan diikuti ribuan peserta itu, dilepas Wali Kota Bontang Hj Neni Moerniaeni yang didampingi Wakil Wali Kota Basri Rase, Direktur SDM dan Tata Kelola PT Pupuk Indonesia Tossin Sutawikara, direksi PKT, Hutama Karya, dan unsur Forum Pimpinan Daerah setempat.

"Saya berharap kegiatan seperti ini bisa dilaksanakan setiap bulan, karena di Bontang ini belum tentu setiap bulan ada kegiatan jalan sehat atau pasar murah," kata Yuyun, ibu rumah tangga warga Kelurahan Api-Api, Bontang.

Setelah jalan sehat, dilanjutkan pembukaan pasar murah di Gedung Koperasi PT Pupuk Kaltim dan penyerahan secara simbolis paket sembako kepada warga kurang mampu.

Menurut Tossin Sutawikara, kegiatan pasar murah merupakan implementasi dari kepedulian BUMN di Kaltim kepada masyarakat kurang mampu, serta mendukung salah satu program pemerintah yang harus dijalankan setiap BUMN melalui program tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility/CSR).

Selain kegiatan pasar murah, sinergi Pupuk Indonesia, Pupuk Kaltim dan Hutama Karya juga telah menjalankan program nonton bareng bersama sekitar 700 pelajar dan guru SD di Kota Bontang pada Sabtu (13/8), yang merupakan salah satu program CSR bidang pendidikan.

Film yang diputar bertema edukasi, yakni Lutung Kasarung, Bunker Pohon dan Miles and Stone, yang merupakan film buatan National Publishing News Company dan Balai Pustaka.

Beberapa waktu sebelumnya, ketiga BUMN tersebut telah mengadakan sejumlah kegiatan lain, seperti bedah rumah veteran bekerja sama dengan Kodam VI/Mulawarman, pelatihan wirausaha bagi narapidana, dan program Siswa Mengenal Nusantara. (*)

Pewarta:

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016