Balikpapa (ANTARA News - Kaltim) - Petanis Thailand, Nudnida Luangnam  peringkat ke-406 dunia menjadi juara setelah mematahkan perlawanan petenis wanita dari Belgia, An-Sophie Mestach "Women Circuit Bank Kaltim International Open" di Balikpapan, Minggu.
   
Dilaporkan bahwa petanis Thailand  itu berhasil mengalahkan atlet dari Belgia yang kini tercatat peringkat 629 dunia dengan skor 6-0 3-6, 6-2. 
   
Kemanangan itu sehingga petenis putri tersebut berhak atas hadiah 2,940 Dolar AS atau lebih kurang Rp26 juta rupiah. Sebagai runner up, An-Sophie Mestach yang baru berusia 16 tahun, mendapat 1,666 Dolar AS.
    
Hadiah itu diserahkan secara simbolis dalam bentuk cek raksasa oleh Wakil Wali Kota Balikpapan H Rizal Effendi didampingi M Yamin, direktur Bank Kaltim cabang Balikpapan dan juga perwakilan sponsor Bank Kaltim.
    
"Tampilnya Luangnam adalah menjadi juara baru di turnamen ini," kata Susan Soebakti, Direktur Turnamen tersebut mengenai turnamen  yang selalu diikuti sejumlah petenis asing sejak mulainya event tersebut pada  2004.
    
Gelar juara di Balikpapan ini adalah yang kedua sepanjang karir tenis profesional Luangnam karena pada April 2010 ia juara di Chennai, India dengan hadian 10.000 Dolar `AS.
    
Petenis kelahiran Sukothai dan dilatih Adul Luangnam, ayahnya sendiri itu mengaku bahwa penampilannya di Balikapan sudah tiga kali dan kini berhasil juara.
    
"Tapi tentunya hasil ini menjadi motivasi saya untuk mengikuti event terbuka dengan hadiah 10.000 Dolar AS di Saitama dan 25.000 Dolar AS di Tsukuba, Jepang," ujar petenis berusia 23 tahun itu.
   
Turnamen Tenis Women Circuit Bank Kaltim International Open sudah berlangsung sejak Minggu (1/8). Sebanyak 51 petenis dari 9 negara bersaing memperebutkan gelar juara dan memperbaiki posisi di peringkat masing-masing di daftar peringkat petenis unggulan. 
     
Di set pertama yang dimulai 10.15 Wita, Luangnam menang mudah atas An Sophie Mestach. Dalam tempo setengah jam ia melibas Mestach 6-0. Luangnam juga dibantu banyak oleh kesalahan-kesalahan sendiri yang dibuat Mestach.
    
Baru di set kedua Luangnam dibikin repot. Mestach yang mulai bermain tenang dan keluar percaya dirinya bermain cantik dan cerdik.     
   
Ia mengajak Luangnam bermain reli-reli panjang, sebelum tiba-tiba menempatkan bola di depan net. Luangnam pun lintang pukang mengejar bola yang bila masih bisa dikembalikan segera dihajar Mestach dengan forehand bak geledek.
  
Sebelum final tunggal itu, Sabtu (7/8) Ayu Fani Damayanti dan Lavinia Tananta mempersembahkan gelar juara ganda turnamen tenis Women Circuit Bank Kaltim International Open. Mereka merebut hadiah 1,176 Dolar AS atau setara lebih kurang Rp10.548.000.
   
Ganda Indonesia itu menang dari pasangan Taipei Chan Hao-Ching/Kao Shao-Yuan 6-4 7-5.

Pewarta:

Editor : Iskandar Zulkarnaen


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2010