Samarinda (ANTARA Kaltim) - Kapten tim Pusamania Borneo FC Ponaryo Astaman mengaku lega dengan telah dicabutnya pembekuan organisasi sepak bola nasional PSSI oleh Menpora Imam Nahrawi pada Selasa (10/5).

"Mungkin ini adalah jalan keluar terkait kisruh sepak bola nasional karena secara organisasi PSSI akan aktif kembali. Hendaknya momentum ini menjadi akselerasi perbaikan kemajuan sepak bola Indonesia," kata Ponaryo di Samarinda, Rabu.

Menurut pemain yang beberapa kali membela timnas Indonesia itu, pencabutan SK Nomor 01307 perihal pembekuan PSSI tersebut hendaknya diapresiasi positif oleh semua pihak, terutama pelaku sepak bola, untuk pembenahan sepak bola nasional.

Ia menjelaskan dampak positif pencabutan pembekuan PSSI pasti akan dirasakan oleh para pelaku sepak bola, khususnya pemain dan pelatih.

Sebab, lanjut pemain yang berposisi sebagai gelandang itu, kompetisi sepak bola nasional yang sempat terkatung-katung akan memunculkan harapan digulirkan lagi dengan regulasi dan kontrak yang lebih profesional.

Selain itu, lanjut Ponaryo, pencabutan pembekuan juga akan membuka kembali terbentuknya timnas sepak bola, sehingga para pemain yang saat ini berkiprah di ajang Torabika Soccer Championship 2016 punya target bermain bagus agar bisa masuk timnas.

"Saya yakin sesama pemain punya pandangan sama terkait sepak bola kita ini. Tentunya semua berharap ada perbaikan dalam hal apapun terkait sepak bola nasional, mulai prestasi dan juga berbagai hal yang melatarbelakanginya," papar mantan punggawa beberap tim besar seperti Sriwijaya itu.

Disinggung rencana Menpora Imam Nahrawi yang akan mendatangkan pelatih berkualitas seperti Jose Morinho, pria yang akrab disapa popon itu enggan mengomentarinya.

Ia mengatakan poin paling penting dalam perubahan sepak bola nasional bukan semata karena pelatih, namun banyak hal harus dibenahi, mulai dari organisasi, kompetisi, dan pembinaan atlet usia dini.

"Siapapun pelatihnya, menurut saya kalau tidak ada pembenahan serius di sepak bola nasional ini, maka hasilnya akan sia-sia belaka," tegasnya. (*)

Pewarta: Arumanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Timur 2016